Magang

rizqa & staf promosi
aku magang dua bulan dari tanggal 11 juli sampai 16 september di Departemen Promosi, ga usah aku tulis kali ya nama perusahannya hehe.. promosi sejenis kayak bagian marketing di perusahaan itu, dan menurutku lebih cocok dikasih nama promosi daripada marketing. aku magangnya di sana bareng sama grace, cuma dia di departemen sirkulasi. ruangan aku di lantai dua, ruangan grace di lantai satu. masuk senin sampai jumat dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, istirahat dua jam dari jam 12 sampai jam 2 siang.
hari pertama itu aku masih masuk sendirian, grace masih pulkam, dia telat satu minggu. terus aku masih pake baju hitam putih gitu hahaha, ternyata magang di sana tuh gak ada peraturan pake pakaian formal kayak batik atau hitam putih atau bawahan dengan bahan kain dan lain sebagainya, jadi aku berpenampilan kayak kuliah sehari-hari,  ditambah sama id card.
partner in crime
magang di promosi ini super santai, damai, enak. di dalam ruangan isinya cuma bertiga plus dua anak magang. waktu aku baru masuk magang ada satu mahasiswa dari eltibiz jurusan TI, namanya hery, angkatan 2015, dia magang satu bulan lebih dulu dari aku, pas udah sebulan aku magang dia out. di ruangan itu ada mas rizqan, mas agus, sama ibu rita. pertama aku manggil masih bapak gitu tapi diprotes karena katanya mereka belum bapak-bapak, masih mas-mas, jadi aku panggil mas. setiap pagi aku sarapannya koran plus bakwan plus gegodoh pisang yang aku beli di kantin setiap jam 9, baca korannya cuma liatin judul sih tapi kalo dari judul agak menarik buat dibaca biasanya aku baca.
yang serem adalah ruangan promosi ini paling deket sama ruangan pimpinan umum, dan bersebelahan sama ruangan pimpinan perusahaan. jadi kalo ada teguran dari pimpinan perusahaan ke karyawannya tuh suaranya kadang tembus ke ruanganku, jadi tau oh begini ya omelan boss itu. dan aku sebagai anak magang itu paling canggung kalo berpapasan sama dua pimpinan ini karena kita satu lorong. aku suka canggung juga kalo perusahaan lagi kedatangan tamu, tamu-tamu itu duduknya di ruang tamu yang juga harus aku hadapi kalo aku berjalan di lorong menuju ruanganku, ahhh perasaan paling aneh pokoknya kalo jalan di lorong menuju ruangan terus menghadapi para tamu itu. terus di depan pintu ruanganku tersedia timbangan, jadi hampir setiap keluar masuk ruangan aku nimbang berat badan, sehari bisa naik satu kg besoknya bisa turun satu kg. fyi sekarang berat badanku berada di kisaran 54-55-56, udah di luar target.
waktu hari pertama kan masih perkenalan, jadi aku ditanya-tanya hobinya apa dan lain sebagainya. mengenai hobi ya aku jawab salah satunya menggambar. terus langsung dites gitu disuruh gambar palui, eh taunya gambar paluinya dipake buat hut perusahaan. sebenarnya aku gak PD karena hasil gambarnya itu belum sepenuhnya selesai, terus gambarnya juga seadanya, kalo tau bakal dipajang aku bisa bikin yang lebih rapi lagi.
oh iya kerjaan aku di promosi itu baca-bacain proposal orang hahahah, gak deng. setiap hari ya, adaaaaa aja proposal yang masuk ntah itu mau buat sponsorship atau media partner. nah kemaren kan mau idul adha, banyak banget proposal yang masuk minta sapi qurban. perusahaan ini udah gak bisa ngasih yang berupa uang tunai, kasih supportnya yang berupa pencetakan banner atau backdrop atau spanduk, atau kasih paperbag berisi souvenir kayak boneka bekantan, boneka palui, dsb. terus aku input proposal masuk tersebut. terus aku juga ngelist event apa aja yang bakal disupport untuk bulan juli-agustus-september. dari sini aku jadi tau gimana perusahaan memilih event mana yang mau disupport berdasarkan tingkat kemenarikan proposal secara keseluruhan. kalo eventnya gede dan memungkinkan untuk bikin perusahaan untung, hari itu proposal masuk hari itu juga CP dihubungi diajak ketemuan dan saling negosiasi gimana agar bisa kayak simbiosis mutualisme, kayaknya semua perusahaan sih kayak gini. nah aku juga suka disuruh mas agus buat ngehubungin si pelaksana event buat negosiasi kerjasama, diajarin gimana cara berkomunikasi sama orang-orang itu.
aku paling seneng kalo disuruh nganter-nganter memo atau berkas apa pun itu ke departemen lain kayak ke iklan atau sirkulasi atau keuangan di lantai satu, ke bagian redaksi di lantai empat. aku suka nyangkut di redaksi, setelah nganter berkas duduk-duduk di sana sebentar, diajak ngobrol sama para jurnalis banjarmasin hahaha, mereka cerita pengalaman pas jadi wartawan berita, terus katanya redaksi itu santai kerjanya di luar jam kerja. makanya kalo malam aku lewat kantor, lampu yang nyala cuma di lantai empat karena itu jam kerjanya orang-orang redaksi, terus aku diajak liat-liat gimana ruangan redaksi, suka disuruh gambar juga di sana. aku pernah merasa canggung juga waktu ke redaksi sore-sore nganter memo terus diajak makan gorengan bareng mas-mas di sana plus pimpinan redaksi, ceweknya cuma aku sama mba evy. terus aku juga sempet dua kali ngisi halaman yuppies hahahaha, yang pertama itu pas hari ke-5 magang eh tau-tau diajak wawancara sama foto, nah yang kedua itu pas hut metro, di hari terakhir aku magang, sayangnyaaaaa aku lupa beli korannya dan gak tau gimana keadaan di halaman itu.
kerjaan terserem pas magang kemaren adalah ketika stok merchandise atau souvenir di ruangan yang bakal dipersembahkan sebagai kenang-kenangan buat tamu itu habis. jadi sebagai anak magang tugasku adalah ke gudang di lantai lima terus megang sepuluh boneka bekantan di tangan kanan dan sepuluh boneka palui di tangan kiri dengan skill seadanya. bagian ter-enggak enak adalah ketika selesai ngambil barang terus ngunci pintu gudang tersebut dengan hawa yang gimana ya namanya gudang pasti lah suasananya sepi berantakan mencekam, dan aku sendirian semenjak hery out. kalo aku menyerah aku suka lari ke radio, minta bantuan sama orang di sana dengan tetap pasang muka kalem padahal di dalam hati panik.
terus kerjaan aku di promosi juga bikin kesepakatan kerjasama antara perusahaan dengan instansi terkait. terus apa lagi yaaaa.. pokoknya yang secara umum yang aku kerjain itu sama yang udah kuceritain di atas, kalo urusan administrasi sudah ditangani sama ibu rita dan anak magang masih belum dipercaya buat ikut campur urusan admin di promosi.
momen yang paling berkesan selama magang yaitu pada saat hari ulang tahun perusahaan. apalagi departemen promosi emang terlibat dengan kesibukan menjelang hut perusahaan. rejeki anak magang promosi yang gak bisa ditolak adalah dikasih tiket gratis konser dewa 19. aku dikasih jatahnya mas agus, tiket invitation di tribun, aku datang sebagai undangan hahahaha. berangkat lah rizqa sendirian ke gedung susu, duduk di tribun yang posisinya luar biasa pas banget. bermodal paket simpati TM nonton konser sambil telponan biar ada temennya, karena aku duduk diapit sama pasutri-pasutri yang sedang bernostalgia dengan lagu-lagu dewa yang waktu itu masih sama ari lasso.
ketemu temen waktu sekolah
nah di hari hut perusahaan, aku ngerasain senengnya bisa akrab sama orang-orang di kantor, apalagi sama ibu-ibu rumpi. kan banyak dikasih kue dari mitra bisnis yang datang sebagai tamu, jadi kuenya kebanyakan dan mau dibagiin ke orang-orang yang lewat di depan kantor nanti sore. terus aku bareng sama ibu-ibu nyiapin buat pembagian kue itu, di ruang tamu lantai dua. sebelum itu aku duduk-duduk di radio mengakrabkan diri. yhaaaa pokoknya hari itu berkesan lah..
bagian yang enaknya lagi adalah ketika rapat, banyak tersisa snack semacam lemper kue pie roti dsb, walaupun sisa tapi kan belum kemakan, jadi suka dibagiin di ruangan-ruangan lantai dua termasuk ruang promosi, lumayan ngisi perut.. terus kalo sore kadang mas agus atau mas rizqan pengen ada yg dimakan, terus makan gorengan bareng, nah di sini aku menyadari kayaknya pipi aku semakin gede itu gara-gara asupan di tempat magang.
kalo lagi free gak ada yang dikerjain, terus semua orang di ruangan lagi keluar ntah itu rapat atau ibu rita nongkrong di luar bareng ibu-ibu yang lain. ruangan bisa aku kuasai, ruangan udah kayak warnet buat rizqa. dan ternyata di salah satu folder itu ada berbagai film dan drama korea, mas agus juga yang kasih tau "riz kalo mau nonton film di sini banyak".
apa lagi ya..
oh mau cerita ini juga. jadi selama magang itu aku grace sama ayya menciptakan SIGARAK, yang GAR-nya itu adalah singkatan dari inisial nama kami, ya pokoknya itu lah. karena kemaren habis lebaran itu kami langsung magang, jadi kami bingung kapan mau jualannya. daripada nunggu selesai magang terus jualan ntar basi, akhirnya kami jualan pas weekend dengan jasa delivery. kegilaan kami belum selesai, memasuki bulan kedua magang itu gak ada istirahatnya!!! senin sampai jumat magang, sore jumat belanja, sabtu minggu jualan, delivery pula, cuma bertiga pula, cewe semua pula, nangis aja yang belum. yang bikin sedih sebenarnya adalah "kok yang lain kayak gak ngapresiasi usaha kami ya? gak ada yang support banget nih?", itu sih. terus waktu acara temu teater nusantara di taman budaya, sigarak buka stand, selama sembilan hari. bayangin.. pagi sampai jam 5 magang, terus belum beli bahan yang gak bisa langsung dibeli banyak, terus habis magrib jualan, sampai jam 11, sampai rumah dimarahi. aku ingat hari libur aku cuma pas tanggal merah 17 agustus, ya Allah bahagianyaaa ketemu tanggal itu, tidur seharian hahahahaha. terus juga sempat izin karena jadi panitia p2b, izinnya satu minggu hahahahahaha. sekarang sigarak lagi istirahat jualan, karena grace pulkam dan prinsip kami adalah kalo mau jualan harus lengkap bertiga.
aku juga udah gak ada kuliah lagi, gak ngambil rekos juga, jadi satu bulan ini aku spesialkan untuk nganggur. btw aku udah dapat pembimbing skripsiku, bapa uut sama ibu rusidah, pengujinya bapa nor rasyidi. belum start juga, semoga november udah bisa skripsian. SEMANGAT!!!!!!
oke sampai di sini ya cerita magang aku.
quotes penutupnya diambil dari chitato
"life is never flat"
bye.

lantai 2 dan ruang promosi

HUT

kantin

snapchat

Comments

Popular Posts