S A R J A N A

Rizqa Putrianaridha Sedar, S.Ab
selamat rizqa akhirnya meraih gelar sarjana ilmu administrasi bisnis dan berhasil menyelesaikan kuliah dalam jangka waktu tiga tahun delapan bulan. gak tau juga kenapa dari awal masuk itu pengennya cepet selesai, dan alhamdulillah emang semua mata kuliah udah diambil dan gak ada mata kuliah yang mau diulang, jadi ngerjain skripsinya bisa fokus.
aku mulai ngajuin judul skripsi pas bulan november 2016 kemaren, setelah aku nyelesain laporan magang. setelah beberapa kali judulnya diganti tapi tetap dengan variabel yang sama, akhirnya berakhirlah dengan judul: "Pengaruh Dimensi Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian dengan Harga sebagai Variabel Moderasi pada Konsumen Giant Ekstra (A. Yani km. 7 Banjarmasin)"
setelah akhirnya judul itu benar-benar ditetapkan untuk maju ke seminar proposal, aku langsung ngerjain dengan giat dan tekun (ciye banget hahahahaha) dan akhirnya bisa seminar proposal pas tanggal 11 januari 2017 kemaren. setelah seminar dan judul aku diterima untuk diteruskan sebagai skripsi, aku sempat dua minggu gak ngapa-ngapain gak nyentuh dan gak nengokin kertas berisi perintah revisian tersebut.
setelah dua minggu tadi berlalu, akhirnya aku lanjut ngerjain revisian, di kost grace. dia ngerevisi punya dia juga karena punyanya belum disentuh sama sekali setelah dia seminar di bulan desember. jadi kemaren itu kami benar-benar ngerjain bareng dengan penuh canda tawa kegilaan serta keluhan. aku ngerjain dari pagi menjelang siang gitu terus pulangnya habis magrib, dan revisian kami akhirnya selesai hanya dalam waktu tiga hari. yang susahnya kemaren pas aku revisi bab 3 punyaku, di bagian teknik analisis data untuk regresi moderasi, itu bener-bener seharian aku ngabisin waktu cuma buat nyelesain itu.
setelah revisian di-acc sama kedua dospemku, lanjut ke penelitian di lapangan dengan menyebarkan kuesioner, setelah itu ngerjain bab 5 dan aku bangga sekali karena bisa nyelesain itu dalam waktu tiga hari. setelah akhirnya masuk ke bab terakhir kesimpulan dan saran, aku ngajuin tanggal sidang.
pertama aku berharap bisa sidang bareng grace pas tanggal 18 maret kemaren, tapi karena dospem satu aku adalah yang juga menjadi penguji di sidang grace, beliau gak bisa kalo harus menguji dua mahasiswa sekaligus dalam satu hari. terus akhirnya beliau bilang tanggal 23 maret, terus ternyata dospem kedua aku bilang gak bisa tanggal 23, beliau pengennya aku ujian di bulan april di tanggal 14. aku jadi down, dan pasrah, karena dalam keadaan aku yang udah siap dan menggebu-gebu untuk sidang aku harus menunggu sampai tanggal 14 april itu tiba. padahal tujuan aku cepet-cepet nyelesain skripsi itu biar bisa sesegera mungkin melaksanakan sidang skripsi.
terus kalo gak salah satu minggu kemudian dospem kedua aku telepon aku untuk menemui beliau, kita menentukan tanggal ulang, akhirnya ketemulah tanggal 30 maret. terus aku kembali semangat dan langsung terbang menuju dospem satu, ternyata beliau gak bisa, beliau kasih tanggal mau 27 apa 29. terbang lagi ke dospem dua, beliau bilang yaudah tanggal 29. terus aku ke dosen penguji, dengan segala kepasrahan, ternyata alhamdulillah beliau bisa di tanggal 29, jam sembilan pagi, waktu yang terlalu dini.
akhirnya terlaksana lah ujian skripsi atau sidang skripsi aku. terlaksana dengan lancar dan keringat dingin. dan yang harus kalian ketahui adalah gimana perasaanku setelah dinyatakan lulus ujian skripsi, dinyatakan bahwa aku sudah menyelesaikan kuliahku. kok aku gak begitu bahagia ya? maksudnya gak bahagia di sini tuh bukan aku gak bersyukur, aku benar-benar bersyukur alhamdulillah sekaligus bangga karena seorang rizqa bisa menjadi peraih gelar S.Ab keenam dari sekian jumlah orang di kelas, tapi aku gak excited, "lho, kok? cuma gini doang ya sidang?", ya emang gitu doang ternyata.
yang bikin aku gak excited mungkin karena sama halnya ketika aku lulus SMA, kayak sedih gak mau masa sekolah ini berakhir tapi sudah saatnya untuk lulus, gak mau pisah sama temen-temen yang bikin aku nyaman dan bahagia menjalani hari-hari aku di sekolah. nah sama dengan sekarang. di kampus ini, harus aku akui padahal aku males untuk mengakui, dari awal aku masuk sampai sekarang, aku benar-benar ketemu orang-orang satu kelas satu angkatan satu prodi beda prodi senior junior yang bikin aku betah dan bahagia mengabiskan waktu sama mereka, mau itu di kampus atau di luar kampus. aku benar-benar bersyukur selama aku menjalani hidup sebagai seorang mahasiswi di kampus ini aku dianugerahi  dan didekatkan dengan orang-orang yang menyenangkan, lingkungan yang menyenangkan.
aku masih dalam keadaan harus menerima kalo masa kemahasiswaan ini udah sampai di episode terakhir, dan setelah ini masuk ke season baru. gak akan lagi aku ngerasain jadi anak organisasi kampus. terus yang bikin sedih juga aku pasti bakal jarang ketemu sama temen-temen kampus, gak akan ada lagi momen-momen males pulang. di tempat baru mungkin aku bakal susah nemuin temen yang bisa bikin ketawa sampai physically in pain.
masa remaja aku, masa remaja menjelang dewasa aku ini, udah berakhir, itu sih yang paling bikin aku sedih, kayak "wah.. aku udah gak bisa main-main lagi." ah gilaaaaaaa! kenapa cepet banget aku gedenya, aku masih pengen jadi remaja berusia 17 atau 18an. umurku sekarang jalan 22 dan aku ngerasa itu kayak udah deket banget sama target usia menikah aku dulu waktu masih bocah, pengen nikah di usia 23 tujuannya biar jadi mamah muda, terus pas anak pertama aku berusia 20 tahun aku baru menginjak usia 43-44, sesederhana itu lah kenapa aku pengen menikah di usia 23 hahahahahaha.
skip.

karena yang lain adalah perantau, dua krucil ini cukup mewakili
my besties, since '07
seperjuanganku yang bentar lagi mau pulang dari perantauan
almiraku yang sekaligus mewakili opung
melihat wajah mereka benar-benar mengundang sumpah
para jehen yang pernah berjuang bersama
semoga kalian cepat menyusul ya..
buhan mauk
dek-adek yang sedang berjuang dengan MPA + organisasi
di sini aku kaya bagus tuh
semoga dimudahkan, kalian
tidak pernah benar-benar mau memulai dan tidak pernah benar-benar mau mengakhiri
kok lebar semua ya?
sebenarnya kunci agar skripsi cepat selesai itu adalah hanya dengan satu kata yaitu "kerjakan".
officially pengangguran.

Comments

Popular Posts