Seleksi Nasional MSFC (Part II)

peserta yang sudah selesai melaksanakan ujian roleplay, langsung diminta panitia untuk mandi dan ganti baju. waktu itu sudah menunjukkan pukul empat sore, katanya setelah ini kami akan diajak bersenang-senang.
terus peserta dikasih hadiah lagi sama panitia. senangnya.
katanya hadiah ini buat dipake barengan nanti pas di acara "senang-senang", awalnya nebak kirain bakal diajak ke ice skating, ternyata ke snow world di Bekasi.
kita balik ke hotel itu sekitar jam setengah 10 malam, awalnya ekspektasi aku nanti setelah break time ini mau jalan-jalan minta jemput sama sodaraku Andine yang tinggal di daerah Jakarta Timur, tapi ternyata aku terlalu capek, lagian kasian juga dia besoknya kerja. dan kita juga masih bakal ketemu karena aku balik ke Banjarmasinnya bareng dia soalnya ada nikahan sodara kami hari Minggu, sepupu sekali, di Banjarbaru.
oh iya fyi aku pulang duluan dari rombongan, padahal peserta lain pulangnya hari Minggu, hari Sabtu jadi hari khusus jalan-jalan di luar dari rangkaian kegiatan. nah aku cuma bisa gabung setengah harinya doang, sedih sih, kapan lagi ya kan? mumpung. padahal rencananya sebelum jadwal MSFC ini keluar nanti pas berangkat mau ambil cuti dan menikmati Jakarta sebentar, rencananya mau tiga harian gitu di sana, tapi belum rejeki karena ya tadi sodara aku nikah.
lanjooot!
akhirnya malam yang terasa capek abis main di salju-saljuan tadi berganti kembali menjadi malam yang mencekam buat aku, karena aku harus menghadapi kenyataan untuk besoknya yaitu acaa awarding night, aku akan berada di atas panggung menampilkan kabaret. malam itu aku dan tim region 7 memutuskan untuk latihan tipis-tipis, capek tapi harus latihan, harus, karena jangan sampai malu-maluin.

***

memasuki hari terakhir atau hari ke-empat.
setelah breakfast, kegiatan pertama kita hari ini namanya Service Delight, pas liat di rundown belum ada bayangan sih kegiatan ini bakal ngapain. ternyata kita menghias cake gitu, memasarkan dan kemudian menjualnya. di sini sambil diuji kemampuan bikin HPP alias harga pokok penjualan, worth it gak ini cake-nya dengan harga yang udah ditetapkan? aku sebagai anak IPS merasa gagal, ditambah harus sesuai syariat islam.
pokoknya ini seru banget, kita dikasih modal lima ratus ribu rupiah dengan waktu 45 menit untuk prosesnya, dan bener-bener gak berasa tiba-tiba udah selesai aja. setelah selesai menghias kue, selanjutnya adalah presentasi per kelompok, oh iya per kelompok ini disuruh kasih nama toko kuenya. untuk kelompok kami namanya BanBan Cake, udah mentok banget mau cari-cari nama hahahaha, diambil dari Bandung-Banjarmasin berdasarkan nama region kami.
selesai dari acara service delight, lanjut ke kantor pusat untuk gladi acara awarding night nanti. UDAH MULAI GUGUP LAGI. bukan karena akan ada pengumuman siapa nanti yang menang, tapi untuk performance per-region hahahaha.
bagian tersedih pas gladi adalah, semua region pada punya pendamping yaitu SQO (Service Quality Officer) dari masing-masing region, sedangkan kami masih belum punya SQO pada saat itu, jadinya gak ada pendamping satupun. sampai pada ngasihanin kami soalnya pas di sana kami kayak cuma bertiga gak punya tempat keluh kesah atas yang sudah dilalui selama tiga hari sebelumnya dan tentang bagaimana persiapan untuk malam nanti.
setelah selesai gladi di jam empat sore, kami langsung balik hotel untuk siap-siap. dresscodenya udah ditentuin sama panitia dari sebelum berangkat, yaitu untuk perempuan adalah dress warna silver, dan laki-lakinya nanti kalian liat sendiri ya di foto-foto yang aku share.
aku udah siapin semua alat makeup-ku, udah nyari-nyari makeup tutorial di youtube untuk persiapan makeup look awarding night, udah dari jauh hari aku siapin, eh ternyata dari panitia pake jasa MUA buat kami. alhamdulillah banget jadi gak rempong lagi. makeupnya di salah satu kamar hotel peserta, dan di sana kami para ceweknya ngumpul beserta SQO yang berjenis kelamin wanita. ada salah satu SQO yang baik banget aku lupa namanya tapi beliau dipanggil umi, dia kayak kasian kali ya liat aku rempong sendiri, terus nawarin "kamu udah siap semuanya? ada yang kurang gak kali aja ada yang bisa aku bantuin?" aku lho digituin aja luluh hahahaha.

***

sampai lah ke acara malam, tiba di gedung jam 7. aku udah sangat gugup, gak ngerti, pokoknya gelisah gak karuan. padahal hidangan makan malam yang disajikan benar-benar makanan kesukaanku semua! makanan mewah, banyak dan beragam, semuanya enak. tapi aku benar-benar gak bisa menelan dengan perasaan tenang, yang aku ambil cuma empat biji sushi sama sebelas helai udon terus udah, gak ngelanjutin, gak kayak aku yang biasaya rakus. faktor penyebabnya selain aku bakal tampil dalam beberapa saat lagi, aku duduk sebelahan sama direksi di mana itu mengharuskan aku paling tidak ngobrol sepatah dua patah kata, dan di sana kami benar-benar dilayani layaknya tamu penting. gugup dan salah tingkah.
acara opening berjalan sangat mulus, sambil makan malam, ada live musik, denger sambutan-sambutan. selain ruangan diramaikan oleh supporter region 3 Jakarta, banyak juga pegawai kantor pusat yang naik ke lantai 11 untuk nonton malam penganugerahan tersebut. cukup sedih sih karena di tempat kami kayak gak punya pendukung, ada sih cuma satu, mas Ucup dari Banjarmasin yang diutus untuk bertugas jadi pegawai kantor pusat. aku ngebayangin seandainya geng aku bisa hadir di tempat hebohnya pasti udah ngalahin region 3 Jakarta karena kami orang berisik semua.
sebelum giliran perform perasaanku benar-benar risau. selain aku gugup karena bakal tampil di depan umum, aku juga gugup karena walaupun teman-teman Banjarmasin/Kalimantan gak bisa berhadir di tempat sebagai supporter tapi acara ini pake live instagram di akun instagram (at) servicebsm, yang mana pastinya temen-temenku pada nontonin live-nya, karena itu yang aku lakukan di tahun sebelumnya yaitu nonton bareng di kantor live IG malam penganugerahan ajang service excellence ini. tapi pas aku kemaren gak pake nonton bareng sih karena kayak udah terlalu malam gitu buat mereka nobar di kantor, jadi nontonnya masing-masing katanya. dan kenyataan di lapangan yang terjadi apa? livenya error, jadi gak kerekam sama sekali pas giliran kami yang tampil HAHAHAHA. sayang banget sih padahal, walaupun aku waktu itu gak pede tapi ya kayak sayaaaang karena teman-temanku gagal menyaksikan. rencana aku untuk ngerekam screen di live IG tersebut pas aku tonton sepulang dari acara juga gagal, padahal buat kenang-kenangan.
jadi aku akan share dulu nih foto-foto pas region lain tampil. oh iya, kami giliran tampil yang ke-enam dari delapan region ya, dan tema dari seluruh performance malam ini adalah Service Create Sales, jadi gak sembarang tampil hehehe.
di atas adalah foto supporternya RO 2 Palembang.
baik, itu tadi cuplikan penampilan dari region lain ya.
mari kita lanjutkan untuk cerita dari penampilan kami region 7.
jadi di postingan part 1 udah aku kasih bocoran apa yang akan kami tampilkan, yaitu drama kabaret. ada tiga tokoh yang diperankan di sini, aku sebagai Aisyah si customer service (nama Aisyah diambil dari Asisten Interaktif Mandiri Syariah, yang merupakan layanan informasi berbasis messaging apps yang bisa diakses nasabah maupun non nasabah, di situs resmi BSM), mas Taufiq sebagai penasihat, dan pak Hartadi adalah nasabah yang berprofesi sebagai dokter. dengan pengisi suara aku adalah ka Yuni, untuk mas Taufiq adalah seorang penyiar radio di tempat rekaman di studio radio Nirwana FM, dan untuk pak Hartadi diisi oleh mas Petra.
singkat cerita, Aisyah sedang galau dengan targetnya yang belum tercapai, ditemani gitarnya di depan teras rumah, hari Minggu (itu posisi aku pake baju bebas dulu bukan baju seragam). pas lagi asik galau tiba-tiba ada telepon dari pak Wisnu yaitu kepala kanwil region 7 yang menanyakan bagaimana perkembangan pencapaian Aisyah. kabaret ini gak cuma lipsync, tapi juga ditampilkan di videotron yang ada di panggung, dibuat suasana seakan-akan aku benar-benar sedang berbincang ditelepon dengan pak Wisnu. si Aisyah ngeluh ke pak Wisnu kalo dia lagi mentok banget makanya gak capai, terus pak Wisnu bilang "kenapa harus galau? kita kan punya 2-6-7.". jadi 267 itu diambil dari tangga nada. 2 adalah "re", 6 adalah "la", 7 adalah "si", re-la-si. setelah Aisyah bilang "oh.. relasi!" terus muncul di layar foto Rhoma Irama, dan diputarlah potongan lagu Piano, pak guru not ini apa namanya.. dan sepanjang lagu tersebut diputar, kami bertiga joget, joget dangdut, terserah, yang penting joget.
setelah dikasih saran sama pak Wisnu untuk mengandalkan relasi, aku teringatlah dengan kenalanku seorang dokter yang diperankan pak Hartadi, dan langsung menelpon pak Hartadi untuk merencanakan pertemuan, menawarkan pak Hartadi menjadi nasabah priority.
nah di sini aku melakukan dua peran, semacam do's and don'ts. yang pertama adalah tindakan yang kurang beretika ketika menelpon si pak dokter untuk mengajak bertemu. setelah aku mencontohkan sikap yang kurang tepat tersebut aku menjadi patung, diam mematung dengan kondisi tangan megang hape, mata melotot, pegel. kemudian mas Taufiq di sini memainkan perannya sebagai penasihat, jadi mas Taufiq ini berkomunikasinya dengan penonton, menjelaskan bahwa ini adalah cara yang kurang tepat sebagai customer service.
transisi dari Aisyah yang salah menjadi Aisyah yang benar, aku benar-benar memutar badanku 360 derajat dan syukurnya tidak kehilangan keseimbangan akibat kelebayan tersebut. kemudian aku memerankan Aisyah yang tepat, kembali mas Taufiq muncul sebagai penasihat dan menyatakan ini lah contoh yang benar,  akhirnya melakukan pertemuan dengan pak Hartadi dan melakukan service terbaik. pertemuanku dan pak Hartadi berujung closing, pak Hartadi setuju dengan penawaranku dan akan segera melakukan top up saldo yang awalnya 300 juta ditambah minimal 200 juta sehingga bisa mencapai 500 juta dan menjadi nasabah priority kami. di ujung pertemuan aku dan pak Hartadi saling memberikan ekspresi riang beserta ujung jari jempol dan telunjuk yang bersatu membentuk isyarat OK, kemudian kami berdua menjadi patung. selama mematung mas Taufiq kembali muncul memberi wejangan dan reminder mengenai service excellence sebagai penutup drama kabaret ini. setelah terlepas dari peran di drama kabaret tersebut ditutup lagi dengan senam ETHIC yang biasanya setiap doa pagi hari Selasa dilakukan teman-teman Area Banjarmasin (sekarang udah enggak sih padahal asik), plus ditampilkan di videotron temen-temen Area Banjarmasin yang ceritanya ngikutin kami senam, jadi kami bertiga di panggung itu kayak dapat dukungan secara virtual. walaupun supporter region 7 gak ada di tempat, tapi setidaknya tampil di video, senamnya jadi rame-rame gak cuma bertiga. pokoknya aku ngerasa tema service create sales-nya dapet banget. bangga sama teman-teman geng KC Banjarmasin yang bikinin konsep cerita ini. setelah tampil aku benar-benar lega karena ngerasa tampilnya tadi bagus dan penonton terhibur.
setelah selesai semua region tampil, kami para peserta dikumpulin di atas panggung. acara awarding night kali ini ternyata masih belum ada pengumuman pemenang. biasanya untuk kompetisi di tahun sebelumnya ada pengumuman tiga terbaik yang akan diundang kembali ke Jakarta di acara MSEA (Mandiri Syariah Excellence Award). karena penilaian untuk kami belum selesai jadi masih belum nemu tiga terbaiknya karena di sini yang menilai adalah direksi, dan mungkin ada keterbatasan waktu juga karena direksi pasti punya kesibukan lain. jadinya malam itu cuma ada pengumuman best performance. jadi nanti pengumumannya berupa email, kalo gak dapet email berarti gak masuk tiga besar.
kami semua para peserta berbaris di atas panggung sesuai posisi masing-masing, berurutan per-region. setelah dikasih tau gak ada pengumuman tiga terbaik untuk malam ini dan hanya ada pengumuman best performance, aku gak mikirin apa-apa, kayak lapang aja dan gak berharap menang, cuma lega udah tampil itu doang hahahahaha. sampai lah akhirnya diumumkan juara ketiga best performance, jatuh kepada region 5 Semarang. semua tepuk tangan dan mereka maju ke barisan. selanjutnya untuk juara kedua jatuh kepada region 3 Jakarta, maju ke depan lagi diiringi tepuk tangan. dan akhirnya pengumuman juara pertama, Rizqa masih dalam keadaan gak mikir apa-apa, ya ikut bahagia liat temen yang menang perform, tau-tau MC bilang "regional office tujuuuuh..", aku langsung "hah?! maksudnya kami menang?" aku aja sempat ragu pas mau maju kalo gak disenggol sama teman di samping aku yang menyadarkan. nih aku rekam live IG-nya, syukur pas pengumuman ini gak keputus hahaha.
jadi intinya kami region 7 itu menang penampilan terbaik. kalo kompetisinya sih dari kita belum ada yang masuk tiga besar, ya nggak apa-apa juga, nggak apa-apa banget (tapi minta maaf juga sih sama region yang kami wakili, belum bisa jadi juara). bisa ada di Jakarta untuk ikut berkompetisi di ajang Nasional aja aku udah sebahagia itu, bahagia sekali, dapat pengalaman dan teman baru pastinya.

***

pas malam sampai hotel aku langsung packing, gak pake mandi, insya Allah gak keringatan hahaha. karena besoknya aku pulang duluan pesawat jam 15.00 WIB, udah aku ceritain kan padahal kami bubarnya Minggu, jadi Sabtu itu dipake buat jalan-jalan, dan aku ikutnya cuma setengah hari aja. sedih banget tapi ya mau gimana lagi.
semoga bisa segera kembali ke kota ini, pengen keliling-keliling aja.
terima kasih untuk lima hari yang sangat-sangat berkesan. nulis postingan ini sambil kangen.

sumber foto: panitia

Comments

Popular Posts