Menikah (Part 2: Persiapan)

sebelumnya aku lupa ngasih tau kalo kami LDR, jadi emang gak ada ketemu dari setelah dia bertamu pas lebaran sampai ke hari lamaran tersebut. selesai acara lamaran pun dia langsung pulang bareng sama keluarganya. betapa tersiksanya aku karena gak sempat ngobrol dan lain sebagainya untuk merayakan euforia lamaran kami kemaren. jadi cuma via telepon.
setelah lamaran ada sih beberapa kali dia ke banjar. bukan buat pacaran ya, benar-benar cuma buat ngurus pernikahan ini. foto latar biru, fitting baju pengantin, nemenin aku ngurus administrasi (itu aku tanpa cuti, cuma izin keluar), foto prewedding, dan lain sebagainya.
awal kami memulai persiapan itu bulan agustus, pasca aku sembuh dari covid-19 kami benar-benar mulai bergerak ngurus administrasi dan mengkonsepkan pernikahan seperti apa yang kami inginkan.
untuk segi administrasi alhamdulillah lancar banget, segala sesuatunya benar-benar dimudahkan. paling cuma pas di KUA kecamatan tempat tinggal aku yang bikin emosi karena mereka lupa ngerjain dan bikin aku harus ngurus lagi besok harinya.
untuk konsep pernikahan, yang ada di khayalanku adalah intimate wedding. dilaksanakan di malam hari, dan outdoor. venue yang aku bayangkan treepark hotel (dalam kondisi belum paham perbudget-an ya). akadnya pagi di masjid, malamnya party. aku sebut itu acara syukuran pernikahan kami. cuma dihadiri keluarga dekat dan sahabat, pake gaun pengantin full white, masnya pake jas hitam atau navy. nuansa hangat, khidmat, intim, akrab, seperti itu.
huhu pengen gini.
pernikahan ala pinterest itu mimpi belaka ya, sahabat. alhamdulillah punya orangtua yang masih lengkap, mertua juga lengkap, punya keluarga besar, aku anak pertama dan masnya anak terakhir, otomatis gak bisa semena-mena.
aku mau akad nikah di masjid, ntah kenapa ini jadi salah satu impian aku. tapi untuk menekan budget aku mau mengesampingkan impian itu, langsung dilaksanakan di venue tempat resepsi aja. tapi ternyata abah juga punya keinginan lain, mau menikahkan anaknya di masjid, karena kami besar di kawasan itu dan masjid tersebut punya value di kehidupan kami.
sebelum akhirnya memutuskan untuk memisah hari antara akad dan resepsi, kebetulan aku punya mertua bersuku jawa yang masih sangat kental, mereka jadi punya hitung-hitungan tanggal pake kalender jawa gitu. ketemu lah tanggal 20 november 2021 sebagai tanggal akad nikah. kebetulan banget hari yang didapat itu pas weekend yaitu hari sabtu. karena abah berencana tidak mau menggabung hari akad dan resepsi dengan tujuan supaya bisa melangsungkan akad di masjid, dan maunya juga acara besarnya itu hari minggu, maka ditetapkanlah di tanggal 21 november sebagai hari diadakannya resepsi.
setelah dapat tanggal akad dan resepsi yang sudah disepakati kedua belah pihak keluarga, mulailah pusing untuk cari vendor.
pas aku udah sembuh dari covid sekitar akhir agustus, itu pas lagi seram-seramnya varian delta. acara pernikahan orang-orang kebanyakan diundur atau cuma akad dulu. waktu itu gak ada yang berani melangsungkan acara resepsi karena juga lagi PPKM. maka dari itu, ini lah kesempatan aku untuk bisa dapat harga murah dari para vendor, dan menekan supaya gak banyak tamu. akhirnya ketemulah angka maksimal 500 undangan yang disebar, belum dikali dua atau dikali tiga sih. aku ketar-ketir juga ngebayangin gimana kalo kasus covid ini gak melandai sampai ke november? maka plan B aku akan sama dengan pengantin lainnya yaitu akad dulu (lebih bagus kalo gak pake resepsi hahahaha).
dimulai dari cari venue. abah maunya kalo bisa di gedung atau tempat yang bisa dipake buat acara pernikahan dengan tamu 500x2. di rumah gak bisa karena gang aku sempit, mau pake rumah keluarga juga gak enak. aku mulai dari cari-cari hotel, skip semua, skip, bagi masyarakat biasa kayak aku tentu saja gak worth it. terus aku coba ke aula sabilal, gedung serbaguna raya, sama gedung chandra, dan aula-aula lain. ntah kenapa hati aku sregnya ke gedung chandra. tapi aku udah menyerah duluan karena harga awal yang dikasih gak main-main. ternyata tiba-tiba aja ada rejeki menyapa aku yang sedang galau. tante aku, adalah bekas anak buah dari salah satu owner dan akrab karena sering nyanyi bareng. pas tante aku yang coba telepon langsung ke bapak owner tersebut eh malah dikasih korting yang bukan main, kapan lagi nih dapat harga segini?! seperti itu lah mindset anak diskonan, kayak sayang banget kalo gak diambil. bisa dapat potongan segitu mungkin ada faktor lain karena emang pas seram-seramnya pandemi gedungnya sepi banget lagi gak ada yang booking. makanya waktu aku ajuin tanggal resepsi (padahal tanggal bagus 21-11-21) belum ada yang pake. kira-kira diskonnya waktu itu sekitar 45%, alhamdulillah banget kaaan mau nangis. walaupun mungkin masih ada yang lebih murah di gedung lain atau aula biasa, tapi menurut aku harga yang aku dapat udah worth it banget dengan fasilitas lengkap full ac (no kipas blower needed), tampilan gedung yang masih baru dan bersih juga luas banget sehingga aku bisa press budget di bagian dekorasi, gak perlu dekorasi yang mahal gitu maksudnya. dan harga diskon yang aku dapat kalo dibandingkan sama venue lainnya itu masih worth it di gedung chandra. alhamdulillah banget.
setelah dapat venue, lanjut ke dekorasi. aku udah keliling nge-whatsapp para pedekor-pedekor banua yang kiranya sesuai selera dan impian aku, yaitu pelaminan minimalis. sudah kuduga, dari segi budget semuanya gak bisa aku jangkau. mereka mematok harga berdasarkan venue. semakin luas venue semakin mahal juga pastinya. karena belum ada pengalaman dan gak ada konsultasi sama siapa-siapa, aku gak tau akan hal itu. pokoknya udah banyak banget yang aku chat, ada yang udah satu paket juga sama makeup dan attire. ntah kenapa belum ada yang sreg dan masih berusaha cari yang lebih murah lagi hahahaha. capek banget padahal cuma via whatsapp tapi ngos-ngosan kayak keliling mall ke satu-persatu toko gitu.
sampai lah aku ketemu sama refa decoration. pas aku chat dan tanya-tanya ternyata beliau, ka rendy, malah ngajak ketemuan. padahal aku belum pasti ambil kan, tapi kata beliau gak apa-apa yang penting aku udah kasih penawaran. akhirnya kami ketemuan di office coffee setelah aku pulang kerja. aku jabarkan aku maunya gini-gini-gini. yang pertama aku tegaskan ke beliau aku gakpapa pake artificial flower yang penting temanya tetap dibikin minimalis, dan aku gak mau pake gazebo tengah atau apa itu ya namanya yang kayak jalan menuju pelaminan gitu, aku gak mau pake itu karena menurutku gak begitu berguna. jadi aku mintanya yang didekor cuma panggung dengan pelaminan luasnya 8 meter, dinding belakang pelaminan ditutup dengan kain putih, dekor bagian photobooth, welcome sign dan pintu masuk, udah gitu aja.
jadi memang kesannya tempat itu adalah rumah aku, cuma biar bisa social distancing karena lagi pandemi jadinya kami pake gedung, yang mana kalo pernikahan di rumah itu yang didekor cuma bagian pelaminannya aja, gitu. emang kesannya bakal sepi banget hasil dekornya (bayangan aku waktu itu), kayak lagi pensi gak sih karena cuma panggungnya doang yang didekor hahahaha. tapi aku mengesampingkan pemikiran itu karena kita balik lagi ke fungsinya dan berapa selisih dana yang bisa kita maksimalkan untuk hal yang lain.
aku belum ngasih tau budget aku bisanya berapa (karena emang gak ada bayangan), ternyata kata beliau deal di angka 14 hahahaha, gak tau ya menurut aku murah karena beliau juga tetap akan kasih fresh flower. aku udah keliling ke berbagai macam vendor dekorasi rata-rata di atas 20 untuk gedung chandra walaupun udah sesuai request aku yang itemnya dikurang-kurangin, makanya aku kayak lega pas dikasih beliau angka segitu.
alhamdulillah hasilnya sesuai ekspektasi.
terus ka rendy tanya, kamu pake WO gak? nah, aku lupa cerita. jadi aku gak pake WO ya, MC pun aku minta bantuan sama om aku. di hari H itu cuma mengandalkan teman-temannya adik aku para mahasiswa dengan ngasih mereka baju yang seragam dan ngasih mereka uang jajan. alhamdulillah juga pada baik-baik dan pinter-pinter banget. karena yang aku butuhkan cuma untuk jaga antrian salaman, semprotin hand sanitizer ke tangan tamu, dan jaga di area VIP. untuk pengamanan di depan pintu masuk sudah diserahkan abah aku ke satpam kantor beliau. alhamdulillah berjalan lancar, walaupun dari jam 11 sampai jam 1 siang itu antrian salaman menumpuk tapi pengantin sangat happy dan enjoy bahkan gak pake istirahat makan.
karena aku gak pake WO, kak rendy nawarin booking MUA dari beliau aja biar bisa dapat harga miring. untuk attire dan fotografer aku udah nemu hahahaha, benar-benar ngerjain sendiri, si suami nyerahin semuanya ke aku. attire sepasang aku udah dapet dengan harga murah karena katanya itu model baju lama tapi kebetulan aku suka. baju para emak di hari resepsi itu jahit sendiri, alhamdulillah bisa meminimalisir budget juga karena modelnya sederhana. untuk jas para bapak itu sewa di temennya abah cuma 300 ribu, gak ngerti banget apa emang semurah itu?
kalo fotografer aku udah keliling kemana-mana juga dan harga yang paling cocok plus sesuai selera itu jodohnya sama binary. karena acara dua hari, akad di hari sabtu resepsi di hari minggu, otomatis dari berbagai vendor foto yang aku tanya pada mahal. ternyata binary malah kasih harga penawaran yang bikin mau nangis lagi dan lagi, kok bisa murahnya melebihi ekspektasi? karena foto-foto mereka indah, sederhana, elegan, tone fotonya nude-nude gitu gak terlalu hijau gak terlalu merah gak terlalu kuning gak terlalu putih, aku suka banget.
balik lagi ke MUA. kak rendy tanya aku maunya pake MUA siapa, saat itu aku pegang kalo gak aryati atau hj tata. demi menekan budget karena hj tata lebih murah which is selisihnya kepake banget untuk tambahan dana tak terduga maka aku putuskan hj tata. waktu aku wisuda udah pernah makeup sama beliau. orangnya ramah terus enak buat kita request begini-begitu, gak nge-judge permintaan kita juga jadi enak banget sama beliau.
lanjut ke catering. alhamdulillah karena punya catering keluarga jadi dapat potongan yang juga masya Allah banget. untuk acara akad pakai nasi kotakan, untuk resepsi dapat prasmanan dan joglo yang luar biasa memuaskan. sampai acara selesai dan tamu udah pada pulang makanan aman, sisa makanan di VIP juga bisa dibawa pulang sama keluarga kedua belah pihak. dan keunggulan yang aku dapat adalah catering ini pake dekorasi dengan fresh flower terus dikasih tema yang sama kayak pelaminan aku, sangat membantu dekoranku yang gak heboh untuk ukuran gedung yang luas. luar biasa totalitas banget pawakha ini. aku berjanji kalo jadi orang kaya nanti aku akan jadi orang kaya yang dermawan dan suka membantu juga ikhlas dalam berbisnis. alhamdulillah aku merasa banyak banget dapat bantuan kayak gak ada halangan selama proses persiapan.
selanjutnya untuk undangan, kalo gak salah total temen yang aku undang itu sekitar 100 orang yang beneran aku pilih untuk diundang. sisanya itu keluarga aku yang amat besar dan temen-temennya orangtua. fyi untuk suami aku memang posisinya gak ada keluarga atau kerabat di banjar, paling cuma temen kampus, jadi tamu memang didominasi dari pihak aku, karena nanti juga bakal ada acara ngunduh mantu di tempatnya suami.
untuk undangan yang dicetak itu aku pake yang simple banget cuma kertas glossy ukuran A4 yang dilipat jadi tiga bagian, pesannya di nasabah aku. iseng pakai percetakan di sana karena saling kenal dan koordinasinya jadi mudah eh ternyata malah dapat diskon, lagi-lagi rejeki hahahaha. gak benar-benar 500 sih yang dicetak, cuma untuk tamu keluarga, tamu dari orangtua, sama petinggi di kantor aku, dan para dosen kami di kampus. sisanya untuk tamu aku itu pake undangan online.
apa lagi ya? MUA udah, dekor udah, foto udah, catering udah, undangan udah.
oh iya, souvenir. semuanya aku pesan di shopee, pokoknya aku patok harga satu item souvenir aku gak lebih dari dua ribu rupiah tapi merupakan suatu barang yang berfungsi. dan jangan lupa checkout-nya pas harbolnas biar maksimal gratis ongkirnya.
selanjutnya adalah seserahan. jadi aku nge-budget seserahan kalo bisa gak lebih dari 1,5 juta hahahaha. kan emang buat dipake juga dan aku terbiasa sama barang murah. karena akad aku di masjid yang memang fokus sama momennya, jadi aku cuma pesan kotak seserahan itu empat box. dikit? iya, banget. tapi aku udah capek banget gak kepikiran lagi karena ternyata aku beli itemnya kecil-kecil hahahaha. satu box untuk tas dan sepatu, satu box untuk makeup yang udah dicampur sama skincare, satu box untuk dress kondangan, dan satu box udah seperangkat alat sholat. mau nambah kayak ah ya udah segini aja kan gak ada yang bisa dipamerin juga, jadi aku stop di empat box. dan di hari akad itu juga gak ada prosesi behantaran jadi box-nya kayak cuma formalitas aja. sewanya di tempat temennya sepupu aku, sembilan puluh ribu satu box-nya udah dipasangin sama dia, dan aku minta temanya rustic.
mungkin itu dulu ya untuk item-item pernikahan yang aku siapkan untuk hari H.
aku mau cerita tentang persiapan ngunduh mantu. untuk acara ngunduh mantu itu suami aku yang handle. jadi hitungan kalender jawa di keluarga dia, acara ngunduh mantu itu gak boleh lebih dari 7 hari. satu minggu kemudian kami ngadain ngunduh mantu tersebut yaitu di tanggal 27 november. lokasinya di halaman rumah mertua. kalian tau aku dapat paket all in dari baju adat dan gaun, baju orangtua (bikin baru), makeup plus touch up sampai tiga kali dari pagi sampai malam, dan yang paling utama yaitu dekorasi, itu totalnya cuma 13 juta! mau nangis (lagi-lagi) karena murah banget. emang mereka masih baru banget sih di kawasan tanah bumbu, terus mereka ini konsepnya bisa rustic dan minimalis, masih jarang banget di daerah sana yang pake konsep itu. mereka cerita agak susah juga buat jualan di sana (tanah bumbu), jadi gallery-nya itu ada di banjarbaru. katanya kami ini pengantin ketiga atau keempat mereka kalo gak salah. tau gitu aku pake juga buat acara di banjar hahahaha soalnya kualitasnya gak kalah bersaing.
jadi terakhir ketemu sama masnya sebelum nikah itu pas ulang tahun aku, tanggal 3 oktober. kami benar-benar full seharian untuk fitting di banjar terus di banjarbaru yang buat acara ngunduh mantu. karena jarang ketemu dan posisinya udah mau nikah, kami malah jadi uring-uringan, kayak blank gitu. kalo untuk ujian menjelang pernikahan kayaknya lebih ke pribadi kami berdua yang sebenarnya siap gak siap, kalo godaan dari luar semacam ada orang ketiga atau ada yang deketin alhamdulillah gak ada, keluarga yang ikut campur di persiapan juga gak ada. cuma kami sering banget berantem gak jelas. contohnya kayak waktu di perjalanan dari banjarmasin menuju banjarbaru untuk foto prewedding itu kami berantem sepanjang jalan sampai aku nangis sesegukan (lupa juga berantemnya perkara apa), setelah selesai foto tiba-tiba aja baikan.
setelah beres semua urusan kami gak ada ketemu, satu bulan lebih. di malam menjelang besok pagi akad dia ambil kotak seserahan ke rumah sama kakaknya, aku benar-benar sedang melihat calon suamiku, kakiku berasa kayak gak lagi napak di tanah. kami kaku gak bisa banyak ngobrol cuma senyum-senyum karena besok nikah. 
oh iya fyi dua bulan sebelum nikah aku benar-benar giat untuk nurunin berat badan. kemaren itu udah di angka 58kg. aku sepedaan sore pake sepeda kantor, setap hari minggu aku badminton sama club badminton kantor, malam mau tidur aku workout di kamar, ngurangin porsi nasi. tapi BB aku cuma turun sampai angka 56 HAHA susah banget ya ternyata.

ini pas fitting attire resepsi di banjar

fitting attire untuk ngunduh mantu ya. yang pake bawahan itu untuk baju jawa, yang gaun warna hijau itu untuk kostum ketiga di acara malam. kalo baju kedua kami pake baju akad.

ini foto waktu aku ulang tahun, ceritanya ortu ngajak makan calon menantu.

Comments

Popular Posts