Who Am I?


Tes 1 “gaya belajar yang cocok dan pas buat saya adalah…
Hasil: cenderung menerima informasi paling banyak dan paling efektif menggunakan indera penglihatan

Tes 2 “saya termasuk golongan otak kiri atau kanan, yah?
Hasil: Belahan otak kanan. berkaitan dengan ritme, kreativitas, warna, imajinasi, dimensi, ide, gairah, keberanian, emosi dan seni.

Tes 3 “tes kecerdasan majemuk
Hasil: Kecerdasan musikal. Yaitu kemampuan untuk mengerti dan mengembangkan teknik musikal, merespon terhadap musik, menggunakan musik sebagai sarana untuk berkomunikasi, menginterpretasikan bentuk dan ide musikal dan menciptakan pertunjukan dan komposisi yang eskpresif.

Tes 4 “apa temperamen yang kita miliki?
Hasil: Sanguinis. Ciri-ciri sanguinis adalah orang yang sangat bersemangat dalam hidup.

Tes 5 “saya termasuk ekstovert atau introvert?
Hasil: Ekstovert (sebenarnya saya disini ditengah-tengah ya, ekstovert nggak, introvert juga nggak K selisih pointnya cuma 1)

Tes 6 “saya termasuk sensori atau intuitif?
Hasil: Intuitif. Artinya diri kita cenderung memproses data dengan melihat pola dan impresi, serta melihat berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Walaupun terdapat fakta.

Tes 7 “saya merupakan orang yang pemikir atau perasa?
Hasil: Pemikir

Tes 8 “saya termasuk seorang pengamat atau penilai?
Hasil: Pengamat

Tes 9 “seperti apa pola asuh orangtua ketika mendidik saya?
Hasil: Pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis pada umumnya ditandai dengan adanya sikap terbuka antara orangtua dan anak.

Tes 10 “tes kepribadian 1
1) Pikirkan seekor binatang berikan penjelasan!
Kucing: lucu, imut, menggemaskan, membuat hati senang (sebenarnya: seperti itulah orang lain melihat diri saya)
2) Pikirkan sebuah warna berikan penjelasan!
Abu-abu: warna paling netral daripada hitam atau putih (sebenarnya: bagaimana saya menilai diri saya sendiri)
3) Ketenangan, bahagia dan lega (sebenarnya: bagaimana saya memandang seks)
4) Kesepian, tidak aman, sendiri (sebenarnya: bagaimana saya memandang kematian)

Tes 11 “tes kepribadian 2
Hasil:
1) memprioritaskan harga diri –> keluarga –> karier –> cinta –> kekayaan.
2) –
3) Pikirkan nama seseorang pada masing-masing warna
    Kuning: (rahasia) maka seseorang yang tidak akan pernah kamu lupakan
    Oranye: (mama) maka seorang yang dianggap sebagai sahabat sejatimu
    Merah: (riswan) maka seseorang yang sangat kamu cintai
    Putih: (abah) maka seseorang yang hatinya merupakan kembaran hatimu
    Hijau: (rahasia) maka seseorang yang akan diingat untuk selama-lamanya

Tes 12 “tes tipe cinta
Hasil: Tipe sederhana. Kamu termasuk tipe orang rumahan yang lebih suka berada di dalam rumah ketimbang melakukan kegiatan outdoor. ‘Macho’ itu sama sekali bukan tipe kamu. Tipe kamu manis, sederhana, dan dapat memberimu kehidupan stabil, aman, nyaman.

Tes 13 “seperti apa jenis cinta saya?
Hasil: Tipe eros. Eros adalah tipe cinta yang berdasarkan pada hawa nafsu seksual (passion). Ada ketertarikan secara fisik dan rasa ingin memiliki.

Tes 14 “kecanduan hubungan?
Hasil: Kamu merasa membutuhkan sebuah hubungan, tapi tidak mau memaksakan sebuah hubungan, cukup ideal dalam membina sebuah hubungan yang baik karena hubungan yang ideal adalah hubungan yang saling membangun tanpa harus ada pengekangan.

Tes 15 ”apakah saya betul-betul mengenal pasangan saya?
Hasil: Kamu memiliki kekuatan dalam hubungan dengan pasangan kamu. Bisa dikatakan, kamu cukup dekat dengan pasangan. Kamu mengenalnya cukup baik. Selamat. Hubungan kamu terus berpotensi stabil dan membahagiakan.

Tes 16 “apakah saya termasuk orang yang setia?
Hasil: Selamat. Selain tidak mudah terbujuk rayu lawan jenis, kamu juga tipe orang yang sangat menyenangkan. Menolak tanpa harus menyakiti. Menjaga hubungan keluarga tanpa harus renggang dengan teman. Berbagai perangkap tampaknya tidak berhasil menejrat kamu. Kamu punya komitmen kuat untuk mempertahankan rumah tangga.

Tes 17 “apakah kamu sahabat yang baik?
Hasil: Kamu termasuk kategori teman dekat, lebih sekedar teman biasa. Adanya kepercayaan di dalam hubungan, membuat persahabatan kamu menajdi lebih baik.

Tes 18 “apakah pasangan kamu siap untuk menjadi pendamping hidup?
Hasil: Kamu dan pasanganmu adalah pasangan yang cukup ideal, kalian memiliki kemandirian, saling percaya dan orientasi yang baik dalam menjalin sebuah hubungan. Jika diteruskan dan dikenalkan lebih jauh lagi, bisa jadi kamu dan pendampingmu menajdi pasangan yang baik.

Tes 19 “tes persepsi cinta
Hasil: saya memilih kelinci, monyet, kucing, ikan hiu, burung, manusia, harimau putih, kucing.
- kelinci (tipe pasangan yang dapat membuat kamu menyukainya) yaitu orang yang mempunyai kepribadian ganda, dari luar sedingin es, tapi dalam hatinya sepanas api.
- monyet (dalam proses pendekatan dan pengejaran, pendekatan macam apa yang bisa membuatmu jatuh cinta?) yaitu kreatif, tidak pernah membuat kamu bosan.
- kucing (impresi apa yang ingin kamu berikan pada pasangan?) yaitu modis.
- ikan hiu (kejadian apa yang akan membuat kamu putus dengan pasangan atau karakter yang paling kamu benci?) yaitu insecure, bimbang.
- burung (hubungan macam apa yang ingin kamu bina dengan pasangan?) yaitu kamu tidak hanya peduli dengan hubungan saat ini, tapi kamu juga peduli dengan hubungan jangka panjang yang dapat tumbuh seiring dengan waktu.
- manusia (kehidupan setelah menikah, apakah kamu akan menyeleweng?) yaitu kamu peduli terhadap lingkungan moral, tidak bakalan ‘macam-macam’ setelah menikah.
- harimau putih (menurut kamu, pernikahan adalah…) yaitu pernikahan adalah sesuatu yang berharga. Sekali kamu menikah, kamu akan menghargai ikatan itu dan pasanganmu.
-kucing (saat ini apa yang kamu ketahui tentang cinta?) yaitu kamu cukup egois, menurut kamu cinta itu sesuatu yang gampang didapat dan gampang pula untuk dibuang begitu saja.

Tes 20 “mau tahu minat karier kamu?
Hasil: Artistic.


tes dan hasil saya dapat dari buku Who Am I? oleh @PsikologID
bukunya bagus banget!! recommended buat kamu yang mungkin belum mengenali kepribadianmu sendiri.

Comments

Popular Posts