2013


1 Januari 2013, siapa yang tau hal apa yang bakal terjadi di tanggal 2nya ya kan? Tanggal 2 januari itu kita dapat berita duka, kepala sekolah kita pak marwani meninggal. Nah begitu juga untuk hari-hari selanjutnya siapapun gak ada yang tahu hal apa lagi yang bakal terjadi kecuali Allah sang pemilik alam semesta. Seperti tahun sebelumnya, saya gak bilang 2013 tahun yang buruk, tahun yang bagus juga nggak. Tapi tahun ini penuh warna…
Warna yang mendominasi pertama: sekitar awal tahun, persiapan ujian nasional. Saya seorang rizqa yang biasanya males belajar, ngerasa UN udah dekat jadi sok serius, tapi beneran setiap malam paling nggak 15-30 menit pegang buku, yang penting megang. Saya yang paling serius itu sama matematika, matematika itu tantangan banget. Kalo boleh jujur aku suka matematika, dari kelas X gurunya ibu  noni, terus kelas XII gurunya ibu ida dan bikin 200 soal di buku besar. Aku sadar matematika itu nyenengin dari situ. Dan kita pada gak tau kan UNnya gimana, yang paling greget, H-1 UN ada kabar kalau kalsel termasuk 11 provinsi yang UNnya diundur. Bayangin.. hari minggu yang besoknya senin itu UN, kita disuruh ngumpul ke sekolah dengan mendengar kabar UN kita diundur karna ada gangguan pada pendistribusian soal UN. Wohooo padahal saya udah siap 97%. Dan ini diaaaaa meme-meme yang bertebaran buat dijadiin display picture bbm atas bentuk kekecewaan kami:
 
wakakakakakakakak masih banyak sebenarnya, cuman 3 ini favorit saya.
Jadi hari pertama kita UN adalah hari kamis, dan mulainya jam 10 buat mata pelajaran pertama karna soalnya baru datang terus langsung disebar. Pulangnya kita jam 4 sore, keren bray. Siangnya kita dikasih makan nasi bungkus, itu termasuk momen indah dan unik sih menurut saya, kita keluar ruangan dalam keadaan lapar dan mengeluh satu sama lain karena gak bisa saling tiru atau bertukar pikiran, gak bisa curang, soal kita semuanya satu kelas beda. Terus besoknya hari jumat itu matematika, bayangin kalo belajar kebut semalam waktunya gak cukup karena kita pulang jam 4 sore. Beruntunglah pengawas UN kita enteng gitu kan, saya mencoba fokus, pas ngerjain matematika itu saya gak sadar kaki saya duduknya kalo bahasa banjarnya itu sampai besila, saya juga ngerjainnya sambil pakai kalkulator, diam-diam juga sih. Pake kalkulator aja masih susah. Matematika pure 100% jawab sendiri. Bangga wkwk bangga sama nilainya juga. Pas selesai matematika itu di depan TU pada sok demo protes sama kepsek bilang soalnya susah banget. Sabtunya libur, minggu libur, lanjut lagi ke senin sama hari terakhirnya selasa. UN dengan paket barcode itu ternyata sangat-sangat menyenangkan karena banyak kebersamaan yang kita dapat dari sana hahahaha.
Warna yang mendominasi selanjutnya: sehabis masa UN. Rabunya, saya balikan sama riswan. Lucu yah saya dibikin susah buat jual mahal.
Terus pas pengumuman kelulusan, alhamdulillah kita lulus 100% walaupun dari sekolah kita gak ada yang masuk di nilai tertinggi seprovinsi buat tahun ini. Acara kelulusan kali ini juga dibikin beda, saya gak ikut coret-coret baju putih sama rok abu-abu saya simpan di lemari dengan rapi tanpa ada noda dari pilok sama spidol. Huffft…
Setelah itu kita pesta perpisahan. Itu pertama kalinya saya pakai kebaya yang benar-benar seorang rizqa di balik kebaya tersebut. Saya pakai high heels dan dengan santainya lari-larian ngejar tukang foto biar bisa eksis di kamera siapa aja hahahahaha pulangnya kita sesak nafas.
Warna yang mendominasi selanjutnya: masuk kuliah. Karena gak lulus SNMPTN, saya ikut jalur tes tertulis SBMPTN. Saya tesnya di fakultas teknik reg-B kampus unlam banjarmasin, beruntunglah satu tempat sama vinna, ghina, dan banyak temen lagi disana. Dan selama menunggu pengumuman, liburnya boring banget. Pas pengumuman, saya lulus tes tapi ternyata bukan di tempat yang saya inginkan. dengan segala keraguan antara menerima atau melepas, setelah berpikir sekian hari, akhirnya saya mencoba ikhlas kuliah di situ karena ada alasan utama yang rahasia, dan alasan lainnya yaitu saya gak mau ribet lagi dan bikin hilang rasa lega yang udah dirasain sama orang tua saya dari kelulusan sbmptn itu.
Pas daftar ulang meskipun masih berat, ya gimana yaaaaa mau nggak mau, saya jadi independen, ke mana-mana ngurusnya sendiri, gak ada temen barengan, ditemenin ortu juga gak mau dengan alasan udah kuliah masa ditemenin orang tua, ngurus sendiri lah. Terus P2B kan, pas P2B ini beneran yang satu kelompok sama saya 32 orang itu orang asing semua, satupun gak ada temen yang saya kenal dari sebelum masuk di kampus ini. Miris banget. Tapi yang menyenangkan dari situ adalah adaptasinya. Saya yang biasa liat smada itu luas, gede, ketemunya sama kampus yang gak terlalu luas. Pas masa-masa pengenalan UKM, ada hari keberapa itu saya keliling-keliling area kampus sendirian, konyol banget saya keliling 2 kali putaran buat mastiin saya gak nyasar, ternyata kampus saya itu bangunannya bundar. Putaran pertama saya bingung kok saya balik kesini lagi, saya takut banget udah sepi gitu kan sore menjelang magrib, terus saya muter lagi oh ternyata kampusnya bulat, kemudian ngakak sendiri aduh gak ngerti dimana letak lucunya hahahahahahaha
Warna yang mendominasi selanjutnya: saya banyak dapat temen baru di tahun ini, bukan cuma temen kampus. Tapi dari orang yang gak saya kira kok bisa temenan sama mereka. Saya selalu bersyukur karena saya dimudahkan dalam berteman, saya bisa nerima sifat orang yang bervariasi itu.
Alhamdulillah rizqa tahun ini 18. Ya ampun 18 tahun itu udah dewasa kan? Tapi saya merasa diri saya jauh dari kedewasaan -dalam berpenampilan- hahahaha, tapi mungkin ntar ada saatnya saya berubah.. karena semakin dewasa maka akan semakin berubah(?)
11 oktober lalu, kita dapat berita duka lagi. kita kehilangan orang terdekat kita yaitu om iwan, om iwan itu anaknya kai yang pertama, kakaknya abah. Kita para keponakannya deket banget satu sama lain, setiap lebaran om pasti pulang. Agustus kemaren om iwan udah semacam buang perangai gitu lah. kita kan setiap lebaran atau bulan puasa itu ziarah ke makam kai-nini terus om nya bilang gini "aku handak dikuburakan disini ja lah." dan pas 2 bulan kemudian om iwan meninggal karna sakit.
Gak akan ada lagi om ebit g ade yang super baik dan gak pelit. Semoga om tenang di sana. amin...  :(

Warna-warna selanjutnya yaitu saya masih selalu dalam lindungan Allah. Tahun ini saya sehat, alhamdulillah, saya masih bisa menikmati dan menjalain hidup dengan damai dan tentram...

Resolusi 2014?
Pengennya ya rajin belajar biar bisa dapat nilai yang tinggi terus bikin bangga diri sendiri sama orang tua. Itu ajaaaa. Pengennya aja sih, pengen itu kan belum tentu menjalaninya bisa dengan perasaan senang(?) hahahaha… tapi ya selagi punya tujuan semoga bisa tercapai.
Terus harapannya di 2014 ini penuh sama kebahagiaan dan kesenangan, kalaupun ada kesedihan semoga ada hikmah dan pelajaran di balik kesedihan itu *bijak*. Pengennya ya gitu terus bukan cuma di 2014, kalo bisa setiap tahun dan setiap harinya kayak gitu. Aamiin ya robbal alamin..

Selamat tahun baru 2014! *cheers*

Comments

Post a Comment

Popular Posts