ABC Ada 5

“aku jauh-jauh kuliah di banjarmasin bilang sama orang tuaku dapet temennya yang baik, tapi kalo orang tuaku tau sama kelakuan kalian………?” – Grace, 18 tahun, status: terdampar

Waktu praP2B, saya sendirian, gak ada temen dan gak ada janjian, datangnya juga rada telat pas orang-orang udah mau masuk GSG. Pas masuk GSG ada yang manggil-manggil, huuuh syukurlah masih ada temen ngobrol ada yang temen dari SMA ada juga temen ketemu di medsos. Secara ini masih banjarmasin bukan area jawa.
Saya kira menuntut ilmu di tempat ini (karena tidak sesuai dengan keinginan hati) gak bakal nyenengin se-nyenengin di SMA, dan saya kira saya bakal serius belajar menjalani masa kuliah tanpa ada teman dekat –maksudnya berteman ala kadarnya aja. Tapi kenyataannya selama P2B sampai pengenalan prodi sampai akhirnya menjalani kuliah, saya dianugerahi oleh Allah SWT agar bisa menjalani masa kampus dengan ceria, yaitu dipertemukan dan didekatkan dengan orang-orang abstrak berikut:

1. Almira Naila
Kita didekatkan karena kita satu dosen PA, pak maryono, pertama saya pinjem puplen dia buat ngisi buku pegangan mahasiswa gitu. Selama nunggu KRS diketik di lembisma, kita ngobrol-ngobrol kenalan dikit di depan ruang V. berhari-hari lah akhirnya sama almi selama ngurus KRS.
“nama kam siapa?”
“rizqa.”
“oh, ikam anaknya om boy kah?”
Oh... jadi ini anak temennya bapak saya, beliau bilang katanya ada anak temennya pas SMA namanya om syaiful kuliah di fisip satu jurusan sama rizqa, cuma pas abah kasih tau nama anaknya saya lupa. Terus beliau bilang gini “kawani ja riz ai, urangnya pintar pang mun dilihat.” Ok, bah,  wkwkwkwk… almi ini waktu awal-awal kenalan, saya panggil dia mira dia gak mau katanya gak suka banget kalo dipanggil mira, saya ngotot mau panggil mira eh dianya semakin ngotot gak mau, oh ternyata dia gak kebagian huruf R pas pembagian huruf R di kelurahan alias cadel alias bekelere, maka dari itu kita harus respect hahahahaha. Ternyata saya sama almi satu keluarga yang disebabkan oleh perkawinan keluarga dari keluarga kita.
Almi adalah sesosok lola  dan lumayan galak yah galak-galak gemesin, tapi dia rajin sholat dan sangat mematuhi agama, istri-able, pintar masak, anti kotor, higienis, steril, pemimpi, daddy’s little girl, dan yang pasti orangnya baik. Setiap almi melakukan kesalahan atau penyelewengan dalam mengutarakan sesuatu dan berpendapat, yang kita lakukan iyalah elusin ubun-ubunnya almira dengan penuh kasih sayang dan doa.
Tapi, dari segala ke'nganga'an yang dulu dimiliki almi dan rizqa tentunya, sekarang sudah hijrah ke opung.

2. Ayu Grace Monica Siagian
Pertama dipertemukan sama grace waktu numpang fotocopy jadwal kuliah. dia masih grace yang kecowok-cowok'an. Kebetulan grace ini temennya almi satu kelompok pas P2B, karena rumah almi jauh di a.yani km.5,5 jadi dia kalo istirahat di kost grace. Terus saya diajak ke kost grace, dan dari di situlah kita jadi semakin akrab.
Grace termasuk anak jenius sih, IQ nya tinggi piagam prestasinya baaanyak, dia juga peraih UN tertinggi di sum-ut, dia dari medan pengennya katanya di Undip tapi (sekali lagi) terdampar di banjarmasin, pas awal-awal di banjarmasin ngomong bataknya kental banget. ya iya lah. Beliau ini ekstrim juga sih, hidup di banjarmasin sendirian tanpa ada keluarga satupun.   Grace kalo ngomong atau ngatain orang bener-bener nyablak langsung ke hati dan kekanak-kanakannya memancing emosi, anaknya ngeyel banget, bisa dikategorikan manja. disuruh makan susah, pas gak makan dia sakit, pas sembuh balik lagi males makan. Gambaran seorang grace yang paling tepat yaitu tokoh Masha, kartun bocah asuhan beruang yang ter-amat tengil. Tapi sekali lagi dari segala kekanak-kanakannya itu, selalu terspimpan sisi dewasanya dan bisa keluar kapan aja dia mau.
Dan yang terpenting, dia baik dan orang baik-baik. She's a good listener.

3. Efrida Marcella Lumban Gaol
Ini adalah orang aneh selanjutnya, dia punya ekspresi berlebih alias lebay dan gregetnya paling tinggi diantara kita semua. Kita manggil dia opung yang diambil dari bahasa batak yang artinya nenek karena dia yang paling tua di antara kita.  Opung orang banjarmasin yang keturunan batak yang kasih gelar mamanya ninja dan papanya preman. Nice, pung!
Ternyata saya satu kelompok sama opung waktu P2B, tapi sekalipun gak pernah liat dia yang waktu itu mungkin rada beda karena rambutnya dikuncir 13 dan gak bisa dicatok. Ternyata si opung masuk cuman hari awal-awal P2B dan kemudian harinya dia gak masuk karena sakit dan mungkin sakitnya karena diomelin kakak senior yang bilang dia tuan putri. Jadi ceritanya si opung diantar pake mobil sampai ke kampus fisip, kita semua maba dianterinnya cuman sampai depan gerbang utama dan lari-lari ke kampus tapi dia enak gak pakai lari, maka dari itu mungkin dia dibilang tuan putri. Ok fine.. kalo denger cerita langsung dari dia sih lucu.
Opung ini suka gak bersyukur, dia selalu megeluhkan kekurangan yang dia punya. Padahal dia punya rambut yang paling bagus diantara kita, dia masuk kategori wanita strong, opung mampu balik motor yang diparkir dalam waktu 2 detik, opung juga rossiwoman yang mampu menempuh hanya 15 menit dari kayu tangi ke banjar indah permai. Seharusnya dia bersyukur karna kita gak sekuat dia. Dan banyak lagi aib opung yang gak perlu ditulis di sini, yang jelas setiap kali saya mandi saya selalu teringat opung kemudian ngakak gak jelas.

Dari sekian 3 ini, saya masih punya amat dan awang dan temen-temen bisnis 2013 yang lain. Amat dan awang mungkin batinnya tersiksa karena terlalu dekat dengan perempuan-perempuan macam kita, tapi kitalah yang memberi mereka pelajaran dan pendidikan bahwa "perempuan selalu benar" itu gak berlaku di semua problem percintaan.




Impian kita sekarang adalah secepat mungkin sarjana. aamiin.

Comments

Popular Posts