Childhood (Part 1)

karena bulan ramadhan selalu mengingatkan aku sama masa-masa waktu aku masih bocah, aku jadi mau cerita tentang masa kecil aku dulu, yang selalu aku rindukan.
jadi sejak aku lahir aku sama orang tuaku tinggal di rumah kakek sama nenek di jalan cempaka, abahku adalah anak kakek nenekku yang gak ninggalin mereka dan benar-benar ngejagain sampai mereka meninggal. rumah itu kami kasih nama rumah cempaka, karena berlokasi di jalan cempaka. rumah cempaka itu adalah rumah peninggalan datu sejak jaman penjajahan belanda, rumah tua yang super gede, super serem! (bagi orang-orang sih). terus rumah itu letaknya di belakang mesjid Al-Jihad, sebelum mesjidnya dirombak kayak sekarang. nah dengan jarak 0 km dari rumah itu udah sampai ke SD aku sekolah dulu, yaitu SD Muhammadiyah 8-10. pokoknya rumah aku dulu kayak diapit sama mesjid gede sama sekolah gede, terus di samping-samping rumah aku itu rumah orang cina gitu, karena banyak orang cina komplek aku jadi sasaran barongsai sama naganya gitu kalo lagi imlek. dulu kalo imlek komplek aku jadi berisik rame gitu, terus aku pernah dikirain anak cina pas lagi main di depan rumah, eh pas liat aku barongsainya masuk ke rumah kami ngarep ada angpao di sana. sayangnya sekarang kalo imlekan udah jarang banget aku nemu barongsai.
karena keluargaku besar dan tumbuh di lingkungan muhammadiyah, dan bapakku udah dari remaja banget jadi anggota pengurus organisasi muhammadiyah, maka kami pun mengikuti ajaran-ajaran kemuhammadiyahan tersebut. aku tinggal di rumah cempaka itu dari aku lahir sampai tahun 2009 rumah itu dibeli sama mesjid, terus kami pindah, belum sampai sebulan pindah nenek aku meninggal, setelah nenek meninggal barulah abahku bikin rumah yang aku tinggalin sekarang di jalan cendrawasih.
terus ke cerita tentang SD aku.
jadi SD aku itu dulu adalah SD swasta bergengsi, 65% anak orang kaya sekolah di situ (tapi aku gak masuk di golongan itu ya hahahaha). aku hanya rizqa biasa yang sekolah jalan kaki karena emang deket banget 😂, dan setiap pagi mereka dari golongan berada dianter pakai mobil terus komplekku penuh dengan antrian mobil, turun dari mobil mau masuk gerbang aja pintunya dibukain sama satpam sekolah, literally dibukain.
terus SD aku itu kelasnya dibagi jadi tiga bagian, yang pertama akselerasi yang cuma lima tahun, ini kelas yang paling dispesialin banget, letaknya di lantai satu, kelasnya bagus, jumlah siswa di dalam kelasnya kurang dari 20 orang, dan ber AC (jaman dulu kelas berAC itu dianggap hebat). terus yang kedua itu kelas unggulan, itu adalah kelasnya anak-anak pintar pilihan, kelasnya ber AC juga, letaknya di lantai dua. dan aku adalah yang menduduki kelas reguler, di mana kelasnya ada di lantai empat, dan gak ber AC, kipas angin dan angin bawaan dari lantai empat itu udah cukup bagi kami.
terus dulu itu khusus kelas reguler pulang siang tapi ada bimbel lagi dari sekolah. karena rumah aku deket sama sekolahan, temen-temenku jadi numpang ganti baju gitu di rumahku, soalnya bimbel pake baju bebas. kalo kelas akselerasi sama unggulan emang pulang sore. nah karena adanya sistem pulang sore sama bimbel, dan kebanyakannya kelas reguler itu gak pulang cuma ganti baju di sekolah, sekolah jadi adain catering buat makan siang. seru banget setiap jam istirahat kedua jam makan siang kita ngantri ngambil ketringan gitu, terus terserah mau dibawa ke kelas atau dimakan di kantin, aku sih lebih seneng dibawa ke kelas. yang asik itu setiap awal bulan kita pilih menu yang berbeda untuk dimakan tiap harinya, dan harga ketring jaman dulu tuh cuma enam ribu perhari. gak ngerti juga cuma ketring doang tapi aku bilang seru, habisnya tiap ngantri ambil ketringan itu aku bisa curi-curi pandang sama anak kelas unggulan yang dulu aku anggap gantengnya beda sama anak kelas reguler hahahahahahaha.
mata pelajaran favorit aku waktu SD itu seni musik sama seni lukis. setiap pelajaran seni musik kita bawa pianika ke sekolah, plus buku-bukunya, ada buku khusus musik klasik, musik daerah, lagu anak-anak, ya gitu lah. dan aku paling senang sama PR seni musik karena disuruh ngehapal not lagu-lagu tertentu terus dikasih lihat ke gurunya minggu depan. terus kalo seni lukis itu kita dikasih fotocopyan gitu hasil gambar dari guru itu juga, terus diwarnain pake krayon dibikin kayak gradasi-gradasi gitu warnanya, terus dipsemprotin pilok bening biar mengkilap dan krayonnya gak belepotan kemana-mana.
di SD aku itu kita gak pake seragam merah putih. jadi seragam kita itu roknya warna biru dongker, terus atasan putih dikasih rompi batik khas punya sekolah. nah kalo hari senin tuh roknya putih, rok biru itu dipake cuma hari selasa sama rabu, hari kamis kita pake baju batik rok putih, hari jumat baju putih-putih (kalo gak salah soalnya aku lupaaa), terus hari sabtu kita pake baju hizbul wathan. jadi hizbul wathan itu pramukanya ala-ala muhammadiyah, pokonya seragamnya lucu gitu, yang perempuan kalo hari sabtu pake celana warna biru dongker, atasannya warna coklat tapi beda sama coklatnya pramuka, terus pake ikat pinggang semacam parka gitu lah jenisnya tapi bukan parka juga deng (eh gimana sih jelasinnya).
ngomong-ngomong soal hizbul wathan (disingkat HW), itu jadi ekskul pilihan aku waktu SD. jadi hari sabtu sama minggu itu kita ada ekskul, nah ekskul hari sabtu aku pilihnya HW, hari minggu aku pilih ikut ekskul drumband. karena aku ikut HW aku seneng kalo ada kegiatan perkemahan, cuma tiga kali ikut sih. yang pertama waktu kelas lima itu di sekolah di lapangan belakang, terus yang kedua waktu aku kelas enam itu di rindam tiga hari dua malam, yang ketiga juga di tempat TNI gitu tiga hari dua malam juga. aaaahhh aku paling suka paling bahagia dan paling semangat sama kegiatan camping kayak gitu. karena dua camping terakhir itu aku kelas enam aku ditunjuk jadi ketua regu, anggota regu aku tuh semuanya kelas lima sama kelas empat (kebetulan teman satu angkatanku yang ikut camping itu gak banyak jadi udah dapet bagian masing-masing, dan kelas satu sampai kelas tiga belum boleh ikut ekskul soalnya dianggap masih anak kecil banget hahaha), ya Allah jadi kangen banget sama jaman SD!! momen yang paling aku suka dari camping itu outbondnya, becek-becekan, karena aku ketua jadi aku selalu di barisan depan dan paling semangat nyanyi yel-yel sampai teriak-teriak gitu, berisik banget lah pokoknya, tapi teteup dengan ekspresi yang flat. terus aku juga suka sama camping karena bisa bikin aku akrab sama guru di sekolah, pas di sekolah galak tapi pas camping asik. kalo malam-malam sebelum jam tidur itu kita nyanyi-nyanyi dulu, bukan nyanyi yang ala-ala pramuka prok prok api unggun gitu, tapi nyanyi yang diiringin sama keyboard lagu-lagu soundtrack film my heart yang pemainnya acha sama irwansyah, sama lagu-lagu peterpan, samsons, mirip karaokean gitu lah, anjay 😑. dan aku adalah rizqa yang orang tuanya super khawatiran, kalo dulu sih aku malu banget kesannya kayak dimanjain gitu, kalo sekarang aku bangga karena aku sadar orang tua aku segitu sayang dan perhatiannya. masa iya anak lagi camping eh orang tua aku datengin ke tempat camping buat mastiin anaknya baik-baik aja. pokoknya waktu itu aku ngerasa malu gitu karena temen-temen yang lain gak ada yang didatengin sama orang tuanya. nah momen yang menyenangkan juga pas camping itu adalah mandi, kita para anak perempuan mandinya terpaksa banget di tempat TNI yang gak ada sekatnya, mandi masal (tempatnya terpisah jauh sih sama tempat mandi para cowok), dan yang dampingin tuh ibu guru, terus ibu guru yang ikut kan gak banyak jadi pada kewalahan mandiin kita, gemes banget lah pokoknya.
oh iya ekskul satunya tadi aku ikut drumband kan, nah aku megang snare, padahal aku pengennya megang alat yang bernada kayak xylophone atau pianika bukan yang perkusi, tapi kalo dipikir-pikir susah juga soalnya harus hapal nada, snare mah kalo ketukannya salah juga gak ada yang nyadar. jadi drumband itu dipake pas upacara. karena kita adalah sekolah swasta maka kita gak upacara tiap minggu rutin dan wajib gitu, kita upacara cuma pada perayaan-perayaan tertentu. nah setiap upacara aku gak ikut barisan karena aku anggota drumband. terus drumband ini juga kepake pas acara tujuh belasan, kita ikut tampil di pawai taptu atau biasa disebut pawai obor, keliling berdasarkan rute yang sudah ditentukan sama pemerintah, sayangnyaaaa aku gak punya dokumentasi pas aku lagi main drumband! terus aku bahagia lihat abah sama mama di pinggir jalan lagi nontonin aku, disertai wajah riang mereka sambil manggil-manggil "rizqa.. rizqa.." biar aku noleh dan tau kalo mereka lagi nonton di situ.
terus aku sempat terpilih untuk gabung di paduan suara untuk acara perpisahan, you know lah suara aku pas-pasan banget, gak ada bagus-bagusnya. tapi ada satu momen pas pelajaran seni musik dan itu bukan main pianika tapi nyanyi, tugasnya adalah nyanyiin lagu the way you look at me dari christian bautista, nah suara aku tuh di lagu itu masuk gitu, jadi dianggap bagus sama guruku, pokoknya anak-anak yang suaranya bagus pas nyanyi lagu itu pada dimasukin sama beliau buat paduan suara hahahahaha. i never know what you see, but there's something in the way you look at me~
karena SD aku itu sekolah agama, kita ada jadwal sholat duha sama sholat dzuhur, tentunya di mesjid Al-Jihad. yang wajib itu cuma dari kelas empat sampai kelas enam. kelas satu sampai kelas tiga gak usah ditanya lah, mereka aja pulangnya cepet, ajaran sholatnya masih disempurnakan. jadi mesjid itu selalu ramai sama kuricik bihi. momen yang gak bisa dilupain juga setiap sholat berjamaah adalah antrian wudhu, karena umatnya banyak banget terus tempat wudhunya masih kecil gitu, aku sering banget masbuk soalnya aku tipe orang yang suka ngalah (yha elah apasih) hahahaha.
aku paling bahagia kalo bulan ramadhan tiba, soalnya kalo ramadhan sekolah aku itu banyak kegiatan, salah satunya yang wajib diikuti itu pesantren ramadhan, di situ kita yang benar-benar belajar agama. yang paling aku senang pas belajar gimana biar kalo ngaji itu ada nadanya dan sesuai makhroj sama tajwidnya, apa sih namanya itu, tilawah ya? diajarin sholat-sholat sunat, gimana sholat jenazah, dsb, terus kita diajarin juga bikin kaligrafi gitu, terus nyanyi-nyanyi lagu reliji tapi lagu reliji yang khusus anak-anak, contohnya Rasul menyuruh kita mencintai anak yatim~. ada satu lagu yang bikin aku nangis pas aku nyanyinya waktu itu, judulnya "alif kecil", liriknya sedih banget dan aku udah lupa cerita di lagunya itu apa, pokoknya sedih, dan nama anak itu alif, jadi aku ngebayangin itu adalah adek aku hahahahahaha 😂.
soal jajanan SD, aku dulu paling sering makan pentol, dan kalian harus tau jaman SD dulu pentol tuh sebiji seratus perak! beli seribu dapet sepuluh pentol!! kalo diingat-ingat bikin geram! semua jajanan SD itu menyenangkan dan murah gaes, seandainya jajanan di kampus sama dengan jajanan di SD. ada kue apa itu yang di cetakan gitu kue laba-laba kalo gak salah, terus ada gulali, ada brem! yang ada gamesnya itu, terus kalo minuman ya gak jauh dari coca cola fanta sprite pop ice segar sari teh sisri, ada es kero! ada ulatih hahahaha! mpek-mpek! tempura! oiya telur gulung! belum lagi snack-snack, banyak lah ragamnya huhu, jadi pengen.
apa lagi ya...
kayaknya ceritanya masih kurang deh, soalnya childhood yang aku maksud itu gak cuma jaman SD doang, seharusnya di sini aku ceritain dulu dari aku lahir terus masuk TK, tapi kayaknya aku bikin di postingan baru aja, yang ini udah panjang gitu.
karena aku udah capek ngetiknya soalnya aku ngepost ini dari hp, jadi cerita masa kecil ini bakal aku lanjutin di postingan selanjutnya. tapi entaran lah, aku gak leluasa gitu kalo gak ngeposting lewat laptop, lewat hp ini benerin typo-nya pr banget.
ya udahlah, selamat berpuasa, gaes!
my childhood was awesome hahahaha!
ini salah satu foto waktu aku camping

Comments

Popular Posts