Childhood (Part II)

malam, gaes!
yak ini adalah postingan lanjutan dari Childhood yang sebelumnya. bukan lanjutan deng, cuma pengen cerita lebih banyak aja tentang masa kecil aku. tapi aku ceritanya bakal random gitu ya, gak berurutan, berdasarkan momen mana yang berhasil aku ingat dengan baik.

cerita pembuka di postingan ini tentang aku yang satu rumah sama kakek nenek aku, aku lupa kasih tau juga di postingan childhood sebelumnya, sebenarnya yang satu rumah sama kakek-nenek aku itu bukan cuma orang tua aku, tapi ada dua adeknya abah yang masih single pada waktu itu. rumah cempaka itu juga jadi centre kalo lebaran, ya pasti lah karena itu rumah kakek-nenek (aku panggil mereka dalam bahasa banjar yaitu kai dan nini).
setiap pagi sebelum berangkat sekolah kai selalu kasih uang saku, seribu rupiah it's enough! seribu dari abah, seribu dari kai. kalo pagi kai gak sempet kasih aku uang saku karena beliau masih tidur, maka pulang sekolah beliau paksa aku habisin uang seribu rupiah yang belum sempat beliau kasih tersebut. seribu rupiah jaman aku SD itu kurang lebih setara dengan sepuluh ribu sekarang! enak dong!
pas aku kelas tiga SD kai meninggal, tersisalah nini. dari kelas dua sampai kelas tiga SD itu (kalo gak salah ya, tapi aku yakin gak salah sih) aku ikut TPA di mesjid Al-Jihad, sore-sore waktu ashar gitu, berangkat ke mesjidnya jalan kaki bareng sama nini karena nini ikut pengajian plus arisan di mesjid. tapi nini gak setiap hari sih pengajiannya, kalo aku TPAnya dari hari senin sampai kamis. karena nini gak tiap hari ke mejid jadi kadang aku juga jalan sendirian. jalan sendirian di lingkungan aku tinggal dulu itu dianggap jago lho, karena anjing bebas berkeliaran, kan di komplek banyak rumah orang cina dan anjingnya dilepas gitu, walaupun ada mesjid gede sama sekolah islam.
terus pas TK itu aku juga gak ditungguin gitu di sekolah sama mama, gak kayak kebanyakan temen-temenku ada mamanya mendampingi. soalnya waktu itu mamaku lagi sibuk ngurusin dedek bayi, si alif, jadi si bungsu dituntut untuk mandiri. pernah aku nangis pas pulang sekolah waktu aku kelas satu SD, takut pulang maunya dijemput gitu padahal rumah aku deket banget. aku takut pulang karena ada paman penjual mainan yang mukanya nyeremin, rambutnya gondrong pokoknya nyeremin parah, terus dia natap aku kayak mau nyulik gitu, nangis dong jadinya. pamannya itu kadang jualan kadang gak jualan, dan lebih seringnya sih gak jualan. akhirnya aku diantar sama salah satu sopir antar jemput sekolah karena beliau liat aku nangis dan aku bilang mau minta antar pulang tapi jalan kaki aja (jadi di sekolahku dulu ada fasilitas antar jemput gitu khusus buat siswa yang rumahnya jauh di jalan A.Yani yang orang tuanya gak bisa nganter karena kebentur sama jam masuk kerja). sampai rumah aku ditanya kenapa nangis ya aku bilangnya karena takut sama paman mainan. terus solusi dari abah untuk mengetahui si paman tadi penjahat atau cuma mukanya aja yang jahat aku diajak untuk beli mainan di sana, dan ternyata emang cuma muka pamannya yang serem, pas jajan aku tau pamannya orang biasa, akhirnya aku gak takut pulang lagi kalo ada paman tadi jualan di sekolah, namanya juga anak kecil yaaa.
karena rumah aku deket sama sekolahan, temen-temenku yang nunggu jemputan biasanya main di rumahku, mainannya anak-anak generasi 90an. aku dulu bisa dibilang kecowok-cowokan, aku selalu masuk tim sepak bola temen-temen cowokku dan di posisi penjaga gawang dengan rambut pendek snapback arah ke belakang. terus main kelereng suka ngumpulin kelereng, main kasti, main badminton, sepedaan sampai pasar karena dikejar anjing. terus aku pernah dijauhin sama temen-temen cewek di kelasku karena gak bisa main ulai tali, gak tau bahasa indonesianya apa, bahasa banjarnya ulai tali. terus aku ngerengek minta beliin karet gelangnya terus bikin sendiri di rumah belajar sendiri sampai bisa. pas udah bisa aku kasih liat ke mereka terus aku akhirnya temenan lagi sama mereka hahahaha. main petak umpet, dolip, domikado, dam dam dam hepi hepi hepi, pak polisi numpang tanya, terus main yang kotak-kotak di lantai ituuu terus di lempar batu terus lompat duh apa namamya ya, terus main kilan, aaaaah masih banyak lah pokoknya!!

terus aku mau cerita tentang bulan ramadhan masa kecil aku dulu. karena mama aku gak bisa taraweh karena jagain dedek bayi, jadi aku taraweh sama nene sama tante dini adeknya abahku. terus setiap ngabuburit itu aku sama abah sama alif bertiga kita cari petasan sama es kelapa. dulu aku suka banget buka puasa minum es kelapa, terus kalo petasan itu kuasanya alif. alhamdulillah aku dari TK udah diajarin puasa, jadi waktu kelas satu SD itu aku udah puasa seharian, terus bolongnya cuma di hari-hari terakhir bulan ramadhan pas sepupu-sepupu dari perantauan berdatangan, bahasa banjarnya "pecah", alasannya karena mereka gak puasa jadi ikut pengen makan apa yang sedang mereka makan ketika waktu berbuka puasa belum tiba. hampir setiap malam setelah berbuka aku sama alif main petasan, aku sama alif yang bikin suasana rumah cempaka jadi menyenangkan.
pas lebaran udah deket dan semua keluarga yang jauh udah berdatangan, rumah cempaka yang biasanya lengang jadi penuh dan ramai, padahal kamarnya banyak tapi malah lebih milih untuk tidur di ruang tengah, udah mirip pengungsian. malam lebaran tiba kita yang anak kecil mendadak punya dompet, buat naroh uang zakat. ini sih momen paling membahagiakan di bulan ramadhan bahkan sampai sekarang, momen ini jadi momen yang membahagiakan buat aku. dan kenyataannya sekarang aku udah segede ini, thr aku gak akan sebanyak waktu aku masih bocah. dan harapanku semoga tahun depan aku udah bisa ngeluarin thr buat adek-adek sepupuku. fyi aku belum punya keponakan, jejeran sepupu-sepupu aku belum ada yang nikah, yang paling tua itu umurnya 27. ngomongin soal sepupu, jadi kai sama nini itu punya delapan anak, dan abahku adalah anak ketiga. dari delapan anak ini menghasilkan 12 cucu, aku adalah cucu kelima.

hmm.. kayaknya untuk postingan part kedua ini sampai di sini aja, gaes. moodku untuk bercerita dan menuliskannya di sini tiba-tiba memburuk. kita sambung di postingan selanjutnya ya!

Comments

Popular Posts