Cerita Tentang LDOK

assalamualaikum! (wajib dijawab ya salamnya hahaha)
malam ini aku mau mengenang momen LDOK aku pas jadi mahasiswa baru yang diadain bulan februari tahun 2014. kalo gak salah sih kepanjangannya LDOK itu Latihan Dasar Organisasi dan Kepemimpinan. jadi ldok itu diadain sama himabi, pesertanya khusus para mahasiswa baru bisnis yang pada saat itu aku adalah peserta karena aku maba. seingat aku ldok itu diadain pas awal banget masuk semester dua, kalo gak salah juga waktu itu belum aktif kuliah kayak baru minggu depannya gitu perkuliahan dimulai, tapi udah KRSan.
yang pertama dilakuin pastinya kita para maba dikumpulin terus bagi kelompok. nah aku kurang bisa mengingat dengan baik tuh temen-temen satu kelompok aku siapa aja, leadernya si lidin, terus ada rayhan, devi, munir, zakir, melani, emi, pokoknya masih banyak kayak sekitar 12 orang gitu. terus aku kelompok empat. sedih banget kepisah sama konco-koncoku kan, kayak si grace di kelompok sembilan, si almi sama eza di kelompok dua, opung lupa aku di kelompok berapa, awang di kelompok sepuluh, amat lupa juga dia di kelompok berapa. aku pun ingat kalo aku masuk di kelompok empat karena duduk bersampingan sama tiar sama bebenk, dan aku ingat mereka kemaren itu kelompok lima terus berisik banget. dulu tuh waktu jaman ldok aku masih gak kenal sama temen-temen sekelasku bahkan yang berisik-berisik itu aku gak kenal, cuma tau mukanya, namanya suka ketuker. nah aku bilang dia tiar sama bebenk tadi karena aku masih ingat muka-muka mereka pas ldok gimana padahal dulu belum kenal.
setelah bagi kelompok, sampai di hari menjelang berangkat ldok kita ngumpul untuk dikasih pengarahan-pengarahan. setelah itu yang aku ingat sih kita ke parkiran dan latihan masang tenda. lupa juga kenapa waktu itu parkiran sepi, mungkin pas udah sore kali ya.
sampai di hari berangkat tiba, itu hari jumat, kita ngumpul di lapangan basket. seperti biasa ada ceremonial kecil pelepasan dari dosen. terus masuk ke masing-masing bus. kalo gak salah kemaren ada empat bus, dan aku ingat pas berangkat aku duduk di samping kiki (lupa deng nama panjangnya soalnya kiki nama sejuta umat kan ya). sepanjang jalan aku pasang headset terus tidur, gak mungkin ngobrol sok asik sama kiki karena itu momen kenalan kita, padahal udah satu semester kita satu kelas. 
oh iya aku baru nyadar juga kenapa dulu tuh proses perkenalan sama satu kelas itu lama, mungkin karena dulu gak semua orang punya sosmed semacam instagram, gak ada grup line, yang pake android sama iphone masih orang-orang tertentu aja. jadi yah kita cuma bisa ngandalin chat bbm sama sms. menurutku itu sih yang bikin gak bisa segampang para maba sekarang untuk membangun pertemanan di kelas. tapi itu menurutku ya, gak tau juga sih maba sekarang apakah cepet saling kenal atau emang prosesnya sama kayak jaman aku kemaren.
setelah sampai di tempat kita langsung disuruh pasang tenda. dan kelompok aku adalah kelompok yang tendanya gak selesai-selesai, terus kita dapat hukuman gitu disuruh lari mengelilingi tenda yang ntah berapa kali putaran. setelah kelar soal tenda dan hukuman, kita disuruh masuk ke tempat kayak aula gitu di sana. btw kelompok lain gak masuk-masuk nungguin kami selesai dihukum.
kegiatan selanjutnya yah umum sih kayak pembukaan, setelah itu materi, terus makan, terus lupa kegiatan di malam itu apa, yang jelas kalo juritnya itu di malam kedua. jadi setelah selesai kegiatan di hari pertama kita disuruh istirahat dan tidur.
memasuki hari kedua kita dibangunin pas subuh banget, terus sholat subuh. oh iya aku belum ngasih tau ya lokasi kita ldok kemaren di mana, kita kemaren di tambang ulang bati-bati. terus setelah sholat subuh kita lari pagi gitu keliling area perkemahan, sambil teriak "go bisnis go bisnis go". krik krik sih menurutku, dan aku gak yang antusias banget sama kegiatan ldok ini. you know lah yaaa dulu aku belum bahagia kuliah di fisip di jurusan ini.
terus masuk lagi ke aulanya, materi-materi semacam itu lah. dan yang aku lakuin di aula untuk mengulur waktu dan menghilangkan rasa bosan (karena hp disita selama tiga hari di sana), aku ngambilin "butuh bujang" yang nyangkut di celana setiap melewati area perkemahan menuju aula. apalagi bekas lari pagi kan butuh bujangnya merajalela gitu, gatel pastinya. dan aku yakin 75% peserta yang ada di ruangan itu pada mungutin butuh bujang di celananya, bukan dengerin materi.
NAH, ini adalah bagian yang paling menyenangkan dan bisa aku kenang di kegiatan ldok ini, siang di hari kedua kita oubtond. padahal harinya puanasssss luar biasa! pulang ke banjar mukaku merah meradang karena terbakar sinar matahari, aku gak pake pelindung kulit apa-apa. jadi di outbond ini kita main cari apa gitu lupa. yang jelas pos satu ada di kebun (lupa kebun buah apa), nah di sana kita harus menemukan sesuatu yang aku lupa itu apa kalo gak salah berupa kertas gitu supaya bisa lanjut ke pos dua, dan itu cepet-cepetan sama kelompok lain. setelah itu pos duanya ada di kandang rusa, dan kemaren rusanya ada yang meninggal karena stress kami di sana pada ke kandang dia buat cari petunjuk itu. akhirnya pos dua ditutup diskip langsung ke pos tiga. aku gak tau sih waktu itu tanggung jawab dari panitia gimana soal meninggalnya rusa tadi. lanjut, di pos tiga itu di semacam gazebo yang di atas danaunya, terus ada gamesnya di situ kalo berhasil melewati games ini maka kita diizinkan untuk masuk pos tiga. setelah dari pos tiga ada games lagi untuk bisa lanjut ke pos empat. aku udah lupa gamesnya gimana, yang jelas seru dan heboh berisik gitu karena cepet-cepetan sama kelompok lain.
dan ini adalah pos terakhir yang paling seru. kita main di labirin. sekali lagi aku ingetin, kita panas-panasan! dan gak ada yang ngeluh karena terlalu asik mengikuti permainan. jadi di labirin itu kita nyari lima bendera segitiga gitu, setiap kelompok warnanya beda-beda. sialnyaaaa kelompok kami tuh warna hijau tua, bayangin kita harus nyari bendera hijau tua di antara dinding-dinding labirin yang adalah daun berwarna hijau. terus kita mencar gitu kan, jadi masing-masing kelompok yang udah sampai di tahap labirin (fyi kelompok aku termasuk kelompok yang cepat bisa masuk ke area labirin jadi masih sepi sama kelompok lain), kalo gak salah kayak masih ada tiga kelompok gitu yang ada di labirin itu, nah kita saling teriak-teriak apakah anggota kelompok lain sudah menemukan benderanya. terus aku denger juga cerita dari grace kalo dia curangin kelompok lain, dia sembunyiin bendera kelompok lain biar mereka gak nemu-nemu sama benderanya 😂 tengil. dan kelompok aku pada waktu itu udah nemu empat bendera, satu lagi gak ketemu-ketemu sampai akhirnya waktu permainan secara keseluruhan habis! gagal. hahahahaha seru banget menurutku. apalagi pas hampir semua kelompok udah ada di area labirin, berisik banget jadinya. seniornya cuma mantau dari atas ngomong pake toa kasih semangat. itu lah kenapa aku pengen banget pas udah jadi anggota himabi, ada ldok lagi untuk angkatan selanjutnya, dan sayangnya gak ada. ya tadi, pasti asik dan akan banyak inovasi dari kami sebagai senior untuk bikin ldoknya lebih berkesan.
setelah dari outbond tadi udah kayak sore gitu, kita istirahat di tenda masing-masing dengan waktu yang lumayan, dan kami para perempuan memanfaatkan waktu tersebut untuk mandi. udah tau bakal ngantri tapi aku tetap memilih sabar mengantri karena aku merasa ini udah hari kedua dan harus banget mandi (belum ada yang mandi sejak awal menginjak kaki di sini). selesai mandi aku rebahan di tenda, santai, anginnya sepoi-sepoi, tau-tau ada pengumuman dikasih tugas disuruh bikin proposal kegiatan terus dipresentasikan pas malamnya. proposalnya ditulis tangan di kertas aja sih, dan aku udah lupa juga kelompok aku bikin acara apa kemaren.
karena aku baru ingat di malam kedua itu kegiatannya kita presentasi proposal, berarti di malam pertama itu kita api unggun. nah pas api unggun itu ada pensi setiap kelompok (bukan pensi juga sih), pokoknya harus ada yang ditampilin. nah aku lupa lagi kelompokku tampil apa. terus malam itu kan duduknya kayak bikin lingkaran gitu ya, nah kakak senior ini (senior yang tua banget angkatan 2010 ke atas) kasih penampilan dari mereka, penampilannya terbilang serem oleh kami para maba polos, kayak yang berhubungan sama mistis gitu. otomatis suasananya jadi mencekam. dan pada saat itu aku duduk di samping ayya, tiba-tiba ayya nangis kenceng yang aku pikir waktu itu adalah kesurupan. nangisnya kenceng banget ntah dia takut atau gimana, nangisnya teriak-teriak gitu. semua orang kaget dong apalagi aku yang di samping dia. terus aku langsung mundur ketakutan hahahahaha. dia langsung dibawa sama senior masuk ke dalam aula mungkin untuk ditenangin. yah pokoknya gitu lah inti ceritanya.
terus malam keduanya kan presentasi proposal, jadi perwakilan kelompok maju bertiga untuk mempresentasikan. dan di kelompokku yang maju itu rayhan, lidin, sama aku. padahal aku ikut maju ke depan tapi aku lupa apa kemaren itu bikin kegiatan apa.
di malam kedua setelah selesai kegiatan presentasi proposal, kita disuruh tidur, di mana pada saat itu tidurku nyenyak banget karena capek bekas outbond tadi siang. tau-taunya dibangunin pake bunyi sirine yang ada di toa, dan aku baru ingat gak mungkin di perkemahan kampus kayak gini gak ada jurit malam. jadi yah pasrah deh. kan total jumlah kelompok ada 12, terus kita ngantri gitu untuk kena giliran jurit. aku pengennya kelompok kita tuh yang di awal-awal aja biar cepet selesai daripada nunggu-nunggu gini. eh taunya kelompok kami kebagian nomor dua terakhir. jadi gak kena banyak teriakan serem atau hukuman karena kakak-kakaknya udah capek sama kelompok sebelum kami. jadi istilahnya kami tuh diomelin atau dibentak atau digimanain pake tenaga sisa, jadi gak serem. lumayan jauh sih rutenya kami masuk ke area hutannya gitu. dan aku biasa aja gak merasa ada sensasi serem yang gimana-gimana dan gak takut apa-apa karena jalannya rame-rame satu kelompok. paling yang serem itu di pos alumni sih kan mereka yang paling jago dan paling serem juga paling tua. di sana kita yang bener-bener dikasih tau ini itu tapi sambil diomelin. setelahnya udah deh. santai. terus ngumpul di pos pendinginan sampai akhirnya waktu subuh tiba. terus sholat subuh gitu dan aku sampai ketiduran di musholanya (seorang rizqa yang gak semudah itu untuk tidur di tempat yang bukan kamarnya, akhirnya bisa ketiduran, artinya itu udah capek banget). terbangun dari ketiduran tadi, aku kembali ke area perkemahan dan yang aku temui adalah semuanya juga pada tidur, akhirnya aku lanjutin tidur di tenda, itu pun aku sembarang naroh badan, di depan tenda banget dekat sendal-sendal, gak di dalam tendanya bareng sama temen satu kelompok, berbantalkan jaket doang padahal dingin, yang penting aku tidur. pas aku bangun orang-orang udah banyak yang bangun dan kayak cuma aku yang masih tidur, banyak yang bilang bahkan dari kelompok lain juga "aku handak menggarak km riz ai supaya pindah ke dalam, tapi kada tega.", ya udah aku pasrah deh muka tidurku waktu itu gimana, semoga aman-aman aja.
semuanya sampai ke seniornya, kita bangun kesiangan, kayak udah jam 11 gitu kita bangun. terus pada bersihin badan kan, ada yang mandi, tapi aku memilih untuk gak mandi karena hari itu kita bakal pulang. jadi waktu yang panjang untuk mandi tadi aku pakai buat selonjoran di tenda di bagian belakang, rambut aku yang panjang aku angin-anginin karena udah berhari-hari dikuncir (dulu aku belum pake kerudung secara permanen). anginnya kenceng dan dingin padahal itu udah memasuki jam pagi menuju siang. langitnya gak cerah sih, abu-abu, dan kayaknya bakal hujan. setelah selesai acara mandi, kita makan yang ntah itu sarapan atau makan siang. di lapangan di depan area kemah. pas udah ngebuka bungkusnya tau-taunya hujan. dan kita semua berlarian ke aula (tapi sebelumnya nyelamatin barang-barang dulu sih). terus lanjutin makan di aula. setelah kegiatan makan, kita ngumpulin tugas surat cinta surat benci gitu. dan aku lupa ngasih surat benci ke siapa, aku ingatnya surat cinta aku kasih ke kak nila, gakpapa lah cewek kayaknya mereka gak ada waktu buat hukum aku yang ngasih surat cinta ke cewek, dan itu ngumpul suratnya secara langsung ke orangnya, jadi di ruangan itu pada heboh dan berisik. oh iya waktu itu juga ada tugas dapetin tanda tangan panitia. soalnya pas hujan itu semua kekumpul di dalam satu ruangan dan manfaatin momen itu untuk dapat ttd dari para panitia dan senior.
terus kayak udah jam tiga siang menjelang sore gitu, ada acara penutupan. setelah acara penutupan ada evaluasi gitu, yang kita diomelin habis-habisan. dan aku udah gak dengerin lagi mereka ngomel apa karena aku masih ngantuk dan pengen banget pulang. semuanya disuruh berdiri, aku yang bingung salah apa disuruh maju sama kakak senior yang cewek-cewek angkatan 2012, katanya muka aku "cakah", btw di sisi mananya padahal mukaku lebih ke "nganga" kan ya 😑, pokoknya jadi bulan-bulanan mereka. aku ngantuuuuk banget sumpah jadi aku ikutin aja maunya mereka apa, dan aku gak takut atau ngerasa terbentak sama sekali karena udah biasa sama yang beginian, mungkin karena itu juga mereka jadi makin marah-marah.
selesai itu akhirnya berakhir lah acara ldok ini dan pulang.. aku di bus duduk sebelahan sama izay, terus aku muntah, terus dia bete ngeliat aku muntah hahahaha.
nah dari setelah ldok itu lah akhirnya kami satu kelas saling kenal dan saling akrab. serius. kita semuanya jadi benar-benar akrab. akrab walaupun antar kubu.
akhirnya semakin ke sini aku semakin merasa nyaman dengan kampus fisip terutama orang-orang yang ada di kelas. pokoknya setelah kegiatan LDOK tadi aku udah mulai senang dan lebih menerima kenyataan kalo aku kuliah di sini bakal tiga sampai empat tahun dan aku harus mulai berkawan dengan cara ikut organisasi yaitu hima (karena mau masuk ukm udah telat banget-nget). dan hawa-hawa menyenangkannya udah mulai terasa.
ini foto pas udah mau pulang

Comments

Popular Posts