Ramadhan 1440 H

view berangkat kerja di bulan ramadhan
ramadhan tahun 1440 H ini usiaku di angka 23 tahun, di mana usia ini bukan lagi rizqa sebagai bocah, bukan lagi rizqa sebagai gadis belia, tetapi rizqa yang sudah dewasa, rizqa yang sudah bekerja, rizqa yang sudah menghidupi diri sendiri, rizqa si lajang.
dan yang rutin muncul di masuknya ramadhan adalah kerinduan. minggu-minggu awal di bulan ramadhan aku masih mencari-cari tahu rindu ini rindu kepada apa? kepada siapa? setelah melalui setengah dari ramadhan barulah aku berani menyimpulkan bahwa kerinduan yang dimaksud adalah kerinduan pada menjalani ramadhan di masa lalu, di masa kanak-kanak, masa remaja, masa-masa bebas dan menyenangkan, tanpa beban usia dewasa.
rindu suasana ramadhan yang benar-benar ramadhan.
ramadhan jaman aku masih bocah (SD-SMP), selalu ikut pesantren kilat di sekolah, taraweh rajin dan jarang ada yang bolong karena ikut nenek tiap malam ke mesjid, setelah pulang taraweh nyalain petasan yang sudah dibeli abah, hampirrr tiap malam main petasan (memang kalo dewasa ini aku menyadari main petasan itu benar-benar bakar uang, tapi itu dilakukan abahku untuk menyenangkan anaknya terutama adikku yang masih sangat cilik pada waktu itu, terima kasih abah.)
kemudian di akhir-akhir ramadhan sekitar lima hari menuju lebaran, sodara-sodara sepupu aku yang juga cucu nenek pada pulang ke banjarmasin (pulang ke banjarmasin adalah kewajiban pribadi sang anak karena kakek-nenek masih lengkap). anaknya kakek-nenek yang di luar kota dari delapan itu ada empat, di jakarta ada dua dan di balikpapan ada dua. empatnya lagi yaitu bertiga di banjarmasin termasuk abahku, satu lagi di banjarbaru.
dan sekarang sudah pada balik ke banjarmasin dari perantauan sementara-nya, yang tersisa cuma satu itu pun sudah almarhum, almarhum om iwan (anak pertama kakek-nenek) yang tinggal di jakarta, jadi tersisa anak dan istrinya yang tinggal di sana karena mereka orang asli sana. sedih banget tahun ini gak bisa pulang untuk berlebaran dan mampir ke makam om iwan di sini karena tiket pesawat mahal!! (mungkin pulang pergi bisa sampai 10jt) sedangkan kebutuhan masih sangatlah banyak!! emosi aku kalo teringat harga tiket pesawat yang tidak berperikemanusiaan ini.
ramadhanku di masa remaja itu paling antusias sama bukber, bukber apa aja yang melibatkan namaku aku selalu berusaha untuk ikut, karena waktu itu emang bukbernya rame menyenangkan dan momen membangun kembali relasi dengan teman lama itu berjalan natural apa adanya, dulu belum ada fitur instastory jadi kita cuma ada momen foto-foto di akhir acara itu pun diuploadnnya di feed instagram atau di ask.fm pada jamannya. sangat berbeda dengan tahun ini, aku sangatlah tidak tertarik dengan bukber kayak bukber SD, SMP, SMA, kuliah, sangattt tidak tertarik. dan syukurnya untuk tahun ini pun tidak ada yang mengadakan dan berujung wacana hahahaha. aku cuma bukber sama orang-orang yang memang aku pengenin, my everlasting friend kayak gengnya SMP, geng SMA, geng kuliah, pokoknya orang-orang yang gak akan ku biarkan untuk hilang kontak denganku hanya karena sudah berbeda ruang lingkup dan jarang bertemu.
jatah bukberku yang di luar dari bukber sama temen-temen itu direnggut sama kantorku, aku bukber sama temen-temen kantor dari berbagai segmen itu sampai lima kali dan rasanya kayak sering banget karena orangnya kayak itu-itu aja. ada bukber sama temen-temen frontliner, ada bukber yang satu area banjarmasin, bukber sama travel-travel yang kerjasama sama kantor, bukber yang khusus cabang banjarmasin, bukber sama temen-temen panitia sahabat belanja yatim yang accidently but memuaskan hahahaha (nanti akan aku ceritain salah satu momen ramadhan yang paling berkesan yaitu sahabat belanja yatim), bukber kantor yang tehitung agak sering ini menurutku masih menyenangkan terlebih karena gratis semua.
ini bukber sama temen-temen frontliner area banjarmasin
kalo ini yang bukber semua umat area banjarmasin

dulu tuh yang bikin ramadhan berasa ada satu momen bukber yaitu bukber MPK OSIS, jadi itu bukber rutin setiap tahun dan ngadainnya bergiliran per angkatan, angkatan yang ngadain itu adalah angkatan yang sudah terhitung dua tahun lulus dari sekolah, bukbernya cuma diadain di gedung serba guna sekolah tapi menurutku menyenangkan karena saling mengenal antar angkatan dan alumni, plus tegang karena ketemu mantan hahahaha. dan sekarang aku udah se-tua-itu jadi males juga nimbrung (btw udah hampir enam tahun ya aku lulus SMA), paling cuma cowok-cowoknya yang masih rajin karena mereka sekalian cuci mata sama yang seger-seger, seandainya yang ceweknya juga banyak yang join aku pasti tertarik juga sih untuk ikut.
kalo jaman kuliah ramadhan ini tentu saja libur panjang karena sudah melewati final test dan bersiap untuk semester ganjil. di sela libur panjang itu waktu semester pertengahan aku sempat ikut PAT di bulan ramadhan, satu mata kuliah bapak taha yaitu mata kuliah dasar di semester dua dan nilaiku C, satunya lagi mata kuliah ibu rusidah. di PAT itu aku mau memberantas kedua nilai C tersebut karena aku gak mau ikut rekos dan rasanya kayak malu aja dulu bakal satu kelas sama adek tingkat padahal gak ada yang peduli juga. hasil nilai PAT dari bapak taha aku berhasil dapet A, sedangkan dari ibu rusidah aku gak ngerti juga ya apa gunanya PAT, nilaiku cuma jadi C+, doang?! doang... mengingat momen itu aku kayak "yha elah ngapain ku ikut PAT 50 ribu per SKS mana tiga SKS dapetnya cuma C+." padahal ekspektasi awal aku paling gak B atau B+ hahahaha.
aku pernah juga ngalamin ramadhan yang capeknya berasa, pernah aku ceritain di postingan ini (link). capek tapi seru tapi haru dan itu merupakan ramadhan di mana tidak ada kedamaian di dalam diri aku, isinya cuma kebencian sama manusia-manusia lain. oh iyaaa nih ngomong-ngomong soal yang tadi jadi baru keinget, alhamdulillah di bulan ramadhan ini mas waluyo akhirnya sidang skripsi, gak tau deh pokoknya gak mau menjabarkan panjang-panjang mengenai apa yang aku rasakan, karena random sekali, tidak bisa dideskripsikan, campur aduk senang sedih khawatir cemas was was.
selamat, mas.
lanjut..
udah dua kali ramadhan aku kerja. tapi cukup menyenangkan sih karena selama ramadhan ini pelayanan kantor tutupnya jam 3, jadi bisa pulang paling lambat jam 5 udah di rumah, aku jadi pengennya ramadhan aja terus selama 12 bulan biar tutup jam 3. dan alhamdulillah juga tarawehku sedikit lebih rajin. dan enaknya kerja tuh puasa jadi gak berasa, tau-tau udah mau buka, tapi haus juga sih terus tenggorokan kering kayak kecekik.
selain itu, untuk lebaran tahun ini pun kayak gak bergairah untuk beli-beli baju lebaran, biasanya dulu tuh beli baju untuk sholat lah, terus baju untuk keliling-keliling ke rumah sodara. sekarang kayak ya udah baju yang ada aja, lagian juga jarang dipake.
nah selama dua tahun kerja dan menjalani ramadhan sebagai penerima THR dari kantor, aku bisa bagi-bagiin lagi ke sepupu-sepupu aku (FYI aku belum punya keponakan sama sekali! sama sekali..). dan senangnya aku masih dikasih juga sama om-om dan sepupu-sepupu gede, walaupuuuun gak sebanyak waktu aku masih bocah. aheh ya, makin bertambah usia tuh makin dikit, bahkan yang waktu sebelum aku kerja pas jaman kuliah sampai pengangguran itu kayak dikit gitu padahal kan justeru yang mahasiswa yang banyak kebutuhan hahahaha. tapi kalo tahun ini aku dikasih THRnya banyak bisa-bisa malah balik modal, malah jadi lucu, jadi ya aku tetap bersyukur yang penting keluarga ngumpul.
pas memasuki lebaran, aku kok kayak seneng senyum-senyum sendiri gitu liat temen-temenku yang upload foto berdua sama pasangan halalnya, terus ada juga temen-temen yang udah foto bertiga sama anak pertamanya, sumpah ikut seneng.. semoga kita semua selalu dilimpahkan kebahagiaan.
selamat hari raya idul fitri 1440 H

sekian dulu cerita ramadhanku tahun ini. walaupun ada beberapa momen yang hilang, aku tetap sangatlah bersyukur karena masih dipertemukan dengan ramadhan dalam keadaan sehat berezeki, berdoa semoga tahun depan dan seterusnya akan selalu dipertemukan kembali dengan ramadhan dan menjadi manusia yang lebih baik lagi setelah ini, berdoa semoga keluarga lengkap dan sehat wal afiat, berdoa semoga ramadhan tahun depan atau depannya lagi paling nggak sudah ada anggota baru hahahaha.
aamiin..
bantu aamiin-kan ya..

Comments

Popular Posts