Awarding Night di Balikpapan

dua hari sebelum berangkat baru dikasih tau kalo aku diundang ke acara excellence award-nya kanwil yang berbarengan dengan rapat kerja wilayah tahun 2020.
jadi ceritanya kanwil pulau kalimantan ini juara 1 nasional, juara 1 di antara delapan kanwil yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai best of the best region office.
karena jadi best of the best region atas kinerja terbaik sepanjang tahun 2019, maka rakerwil sekaligus acara excellence award tadi diadakan dengan niat banget, di balikpapan. tahun kemaren udah di banjarmasin.
dan karena aku juara seleksi kanwil di ajang best frontliner competition, aku jadi kecipratan, diundang juga di acara excellence award ini dan dikasih piala dari region sebagai best customer service. ada penghargaan per-unit, ada penghargaan khusus individu. aku masuk di penghargaan individu. pokoknya ada banyak banget kategorinya. alhamdulillah, super senang.
hari itu dikasih tau berangkat, hari itu juga aku langsung cari dresscode (dresscode untuk perempuan gaun warna gold). syukurlah nemu di pinggiran jalan s parman seharga 280k.
tiket pesawat PP udah dipesenin sama back office kesayangan kami ter-paling-bisa-diandalkan, ka ario. aku kira kemaren berangkatnya sendirian, karena peserta yang ikut rakerwil udah berangkat duluan, ternyata aku bareng sama mas dimas yang merupakan penerima pengharagaan individu juga sebagai best business banking. fyi peserta rakerwil adalah para petinggi yang terdiri dari regional CEO, regional manager, area manager, branch manager (kepala cabang), area segment manager, dan kedatangan direktur utama beserta dua orang direksi. dari area banjarmasin yang posisinya staff cuma aku, sisanya manager dan officer (lower manager) termasuk mas dimas. itu lah sebab aku merasa sangat beruntung dan bersyukur.
aku berangkat itu hari kamis pagi, tanggal 20 februari, dan malamnya acara akan berlangsung. gak ngerti juga kenapa harus malam jumat.
ini momen pertama kali aku naik pesawat baling-baling, dan posisi duduk aku ketika liat ke jendela adalah baling-baling, tapi yang deket jendela mas dimas sih hahahaha. rasanya kayak melayang turun naik gitu gak semulus pesawat biasa padahal cuaca lagi bagus-bagusnya. udah siapin headset buat denger lagu selama di perjalanan, kenyataannya nunduk aja berdoa. norak banget aku ya Allah.
kalo gak salah kami sampai di balikpapan itu masih pagi jam sebelasan gitu, terus langsung ke novotel karena acaranya di sana. sampai di sana udah pede banget mau check in dari mandiri syariah, eh receptionist-nya bilang kamarnya udah penuh, katanya coba tanya ke panitia di sebelah sana, sambil ngarahin dengan tangan terbuka ke arah sebelah kanan kami.
pas tanya ke panitia ternyata kami gak nginep di sini, di sini khusus para petinggi hahahaha ngakak banget. terus aku ketemu lagi sama mas taufiq dan pak hartadi yang kemaren kami bertiga berangkat ke jakarta, mereka juga baru datang dan kami satu hotel. terus kami diantar salah satu petugas driver BSM balikpapan ke hotel di mana kami semua menginap, gak jauh dari novotel, jalan kaki pun sampai.
tibalah di sebuah hotel yang terbilang tua, letaknya kayak masuk ke sebuah jalan yang sepi. lupa deng nama hotelnya. di depan hotel ada tulisan harga kamar satu malamnya Rp 288 ribu. konyol banget, aku sama mas dimas ngakak soalnya kayak udah pede gitu lho udah semangat banget kirain nginepnya di tempat acara.
aku gak berpikir hotel ini angker, cuma agak serem aja karena udah jelas ini hotel lama, banyak ukiran-ukiran dan patung-patung eropa gitu. yang dapat penghargaan individu dan baru hari ini ke balikpapan tuh nginepnya di hotel ini. kamar aku dan mas dimas sebelahan.
aku gak tau apakah aku akan punya teman sekamar atau aku akan sendirian sampai besok aku pulang.  udah gugup juga sih gak kebayang aku yang penakut ini bakal tidur sendirian di tempat yang bukan kamarku.
waktu menunjukkan masih jam 12 siang. aku yang sangat lapar memutuskan untuk grab food, kebetulan lagi ada promo PHD, dan sambil nyiapin pakaian yang bakal aku pakai buat nanti malam.
jadi ada beberapa cerita serem nih, serem bagi aku yang penakut ya.
kan aku lagi makan di meja yang berhadapan sama kaca, meja rias gitu. terus aku denger dari kamar mas dimas geser-geser kursi gitu, gak cuma sekali tapi tiga sampai empat kali, ngapain? tapi aku masih belum mau mikir yang aneh-aneh karena terlalu lapar.
dari pada aku takut sendirian aku memutuskan untuk ke rumah om aku yang ada di balikpapan, adeknya abah. padahal pengen banget ngajakin jalan, tapi karena aku ngerasa waktunya terlalu mepet ya udah bertamu aja dulu. terus beliau mau jemput gitu kan, karena aku tau jaraknya jauh di dekat bandara, aku bilang biar aku pake gojek aja ke sananya. terus yaudah pake gojek, dengan tarif Rp 32.000 x 2 pulang-pergi dan terik matahari yang juga 2x lebih panas dari banjarmasin. duduk miring karena pake rok span denim, sambil menikmati kota balikpapan yang bersih.
aku balik lagi ke hotel dan sampainya sekitar jam setengah lima sore, ternyata teman sekamar aku udah dateng, mba rina, marketing dari BSM cabang kutai sebagai penerima penghargaan best marketing consumer representative.
lanjutan dari cerita seremnya, pas sekitar jam enam mau magrib aku sama mba rina lagi dandan, ada yang ngetuk-ngetuk gitu dan kedengerannya kayak dari kamarnya mas dimas. suaranya kayak tok tok tok di kayu gitu, sedangkan pas aku coba ke dinding, dindingnya beton, dari penjelasanku udah tergambarkan gak? enggak kayaknya hahahaha. karena aku masih belum mikir yang serem-seren, aku teriakin lah "woy!!", terus udah.
lanjut.
kita dijemput driver sekitar jam habis magrib, aku mau manggil mas dimas untuk bareng, ternyata dia udah duluan ke novotel. pas udah ketemu di sana, aku tanya kenapa berisik banget kamarnya, eh dianya gak merasa melakukan hal-hal yang menyebabkan keberisikan, dan dia udah ke novotel sejak sore jam 5 gitu. anjir. terus aku bilang:
"oh iyakah, kawan sekamar pian pang?"
"hah? ulun sorangan aja riz kada beisi kawan sekamar."
baik.
mulai takut.
tapi aku mikir ya udah lah bodoamat, sekarang aku mau menikmati acara dan bersenang-senang.
setelah selesai acara, sekitar jam 11 malam, aku diajakin nongkrong di pinggir pantai. ntah kenapa aku kayak gak bergairah gitu, tau besoknya udah balik, kayak terlalu sebentar cuma dua hari jadi secara batiniah gak berniat mau kemana-mana lagi mau tidur-tiduran aja di hotel seram. padahal aku kepikiran mau pulang hari minggu dan nginep di tempat om ku tadi, tapi ada jadwal kuliah sabtu (terhitung pertemuan ke empat aku gak masuk, kalo aku izin lagi terancam gak lulus, bund) dan kebetulan juga ada acara pernikahan teller kami yaitu ka kukuh, jadi aku urungkanlah.
memasuki hari pulang di hari jumat.
pas di keberangkatan bandara sepinggan sebelum aku dan mas dimas masuk ke ruang tunggu kami beli chatime dulu. di sini lah aku baru tau ternyata brown sugar milk tea itu lebih enak pake grass jelly daripada pake boba, padahal cuma iseng nyobain. setelah dari hari itu aku berpaling dari boba ke grass jelly.
sayang terlalu sebentar, sampai bertemu kembali, balikpapan.