Positif Covid

sepertinya ini berawal dari aku yang kelelahan. kantor aku lagi ada program migrasi rekening dari ex BNIS dan ex BRIS ke rekening BSI. sebenarnya migrasi tuh simple, CS menerbitkan buku tabungan sama kartu ATM baru, terus ngaktifin mobile banking. yang parah itu apa? antriannya, bunda. migrasi ini udah berjalan sejak tanggal 21 Juli, cuma baru hectic-nya di tanggal 9 Agustus kemarin akibat banyaknya nasabah ex BNIS (gak kebayang kalo BSM pake mirgasi juga).

karena bumi bagian Indonesia Tengah memasuki musim hujan, beberapa hari itu aku sempat pulang sambil gerimis-gerimisan gitu dan cuma mengandalkan jaket. aku mikirnya selama ini tubuhku alhamdulillah kuat-kuat aja, padahal aku gak boleh takabur. AC banking hall juga baru ganti teknisi jadi AC-nya dinginnn banget. kalo sore aku suka diam-diam matiin AC kecuali yang di depan teller, itu pun masih dingin banget. setelah dingin-dinginan sore, lanjut pulangnya gerimis-gerimisan, daya tahan tubuh pun menurun.

lanjut.

Jumat sore tanggal 13 Agustus itu aku main bulu tangkis di banking hall. untuk aku yang sangat jarang olahraga jadi kayak terkuras banget tenaganya padahal mainnya santai tapi setelahnya capek banget.

hari Sabtu, aku cuma di rumah gak kemana-mana, karena jarang banget weekend aku benar-benar full seharian di rumah. mumpung lagi gak ada perintah ke kantor dan gak ada jadwal main sama temen maka aku manfaatkan lah untuk berleha-leha di kasur sepanjang hari. hari itu, aku sehat.

hari Minggu, di sini lah awalnya. pagi itu aku berniat untuk beresin kamar, dalam artian gak yang sekedar nyapu aja, tapi bersihin debu-debu di desk, di rak makeup, masukin baju bersih ke dalam lemari (karena udah berhari-hari numpuk di keranjang cucian bersih). pokoknya tiba-tiba ada mood untuk beres-beres kamar. setelah aku membersihkan debu-debu membandel tadi, langsung tuh bersin-bersin gak berhenti kayak orang alergi. siangnya kepala aku udah sakit, badan udah mulai gak enak. habis makan siang aku langsung minum obat andalan keluarga kalo terserang sakit apapun yaitu Biogesic, dan biasanya setelah minum obat itu badan langsung kembali sehat.

setelah minum obat, memasuki sore hari, aku dengar kabar duka, dosen aku di S2 ibu Emy meninggal, yang mana ibu Emy ini juga temennya abah waktu SMA. beliau orang yang baik banget dan kabar itu bikin aku down. makin sore badan aku semakin aneh nih, aku tiba-tiba menggigil kedinginan dan demam mungkin 39 derajat pokoknya panas banget. aku pake baju dua lapis daster sama sweater, pake selimut dua lapis, pake celana training, pake kaos kaki, tetap kedinginan. literally menggigil. aku belum pernah kayak gini sebelumnya.

terus abah langsung beli obat yang memang khusus demam parah kayak gini. setelah makan dan minum obat malam itu agak mendingan. pas mulai mendingan aku dengar kabar duka lagi, temen aku SMA namanya Ilman meninggal, semakin bikin aku down dan takut. sumpah aku langsung lemes banget. badan udah gak demam, tapi sepanjang malam hati dan pikiran aku berkecamuk, anxiety, dan gak bisa tidur sampai jam 3  subuh.

memasuki hari Senin, subuh-subuh aku chat manager aku, bodohnya aku malah bilang izin telat (karena gak enak ninggalin temen sama kepikiran nasabah yang super banyak itu). aku berani bilang izin telat juga karena aku merasa badan aku udah mendingan dan udah gak demam, biasanya setelah masuk kerja dia balik sehat lagi, biasanya kayak gitu hahahaha. masuk kantor lah aku di jam 10, ngeliat dari luar aja udah serem banget antriannya sampai di halaman itu ada yang duduk di lantai padahal udah sewa kursi kondangan.

pas masuk banking hall, bertemu lah kembali aku dengan si AC. biasanya gak apa-apa, biasanya kalo nasabah banyak AC itu jadi gak berasa dinginnya, tapi ini kok? aku jadi kedinginan ya? hahahaha. baiklah, kita sirnakan aja dulu para manusia yang sedang mengantre dengan berbagai ekspresi ada yang enjoy dan ada yang gelisah ini, nanti pas selesai pelayanan aku langsung izin pulang. hari itu aku makan siang memilih untuk pisah sama temen-temenku, aku makan di pantry belakang benar-benar sendiri, biasanya di kantin SDI sambil mbacot. nasib menu konsumsi hari itu nasi padang, mana sambalnya gak dipisah, nangis tanpa air mata. aku gak suka nasi padang karena pedas dan terlalu berminyak, tapi gak ada waktu buat pesan di Gofud jadi yang aku makan cuma bagian nasi yang gak kena sambalnya.

di jam 3 siang nasabah akhirnya ludes dilahap oleh lima konter CS. aku langsung balik, sholat dzuhur pun aku skip di rumah aja. biasanya kalo capek atau gak enak badan aku rebahan di mushola, tapi ntah kenapa perasaan aku gak enak aku memilih izin pulang duluan.

benar sekali, malamnya aku kembali demam dan menggigil. kebodohanku. andai aku gak masuk kantor mungkin keadaanku bisa lebih baik, mungkin sebenarnya imun aku udah turun terus ada virus yang masuk di hari itu. wallahu a'lam.

besoknya, hari Selasa tanggal 17 Agustus, alhamdulillah tanggal merah. aku mikirnya bisa istirahat nih memulihkan badan. demamku udah turun, udah gak menggigil lagi, tidurnya juga udah nyenyak. tapi di pagi hari 17an itu, apa yang terjadi?! yang terjadi adalah penciumanku hilang, dan aku mencium bau besi yang sangat menyengat. aku duduk terdiam di kasur mencoba menerima kenyataan bahwa sepertinya virus ini udah masuk ke badanku, dan langsung berjemur. karena hari ini libur aku mikirnya klinik tutup, jadi aku memutuskan besok untuk tes swab antigen.

memasuki hari swab antigen, belum 15 menit hasilnya udah keluar dan aku dinyatakan POSITIF (karena gejalaku udah jelas banget jadi aku gak pake PCR). dari hari pertama demam aku udah ambil tindakan untuk jaga jarak sama orang rumah dan pakai masker di rumah. alhamdulillah orang rumah aman, cuma aku yang terpapar, alhamdulillah banget.

sebelumnya aku udah menanamkan di dalam diri, seandainya aku benar-benar positif covid aku harus menerima keadaan dan kenyataan ini, aku harus tetap tenang, jangan sampai stress, dan aku harus mengambil hikmahnya yaitu aku isolasi mandiri selama 14 hari kerja, yang mana cuti tahunan pun aku gak dapet tuh 14 hari kerja. bedanya aku terisolasi. benar-benar menguji mental dan batin.

abah langsung ambil obat di kimia farma berdasarkan resep dokter dari kantor beliau. aku benar-benar didisiplinkan oleh abah dan mama. taat peraturan untuk jadwal makan, minum obat, dan minum vitamin. vitamin aja aku ada tiga rangkaian. pokoknya bismillah sama apa yang aku minum, soalnya aku takut juga sama efek sampingnya.

gejala yang aku alami selain kehilangan penciuman (alhamdulillah indera perasa aman) kadang jantung aku berdegup kencang kayak orang yang lagi gugup, terus suka keringat dingin, pandangan mataku kuning, kaki dan tangan berkeringat, dan yang paling ditakuti adalah sesak napas.

nah, ini yang bikin aku terauma. hari Kamis, malam Jumat, itu terhitung hari ke 4, pas hari asyura. habis makan bubur asyura itu aku kekenyangan dan memilih untuk gak makan lagi, aku kan mikirnya bubur sama nasi itu sama aja, taunya kurang. (jujur aku lemes dan gak nafsu makan banget itu pun dipaksa, ngeliat nasi rasanya eneg banget). karena aku ada maag dan gerd, malamnya sekitar jam 10 aku dilanda sesak napas, yang lumayan parah. badanku lemes banget, tangan aku pucat, keringat dingin, aku takut banget-banget. sesak napas yang rasanya kayak leher kecekik gituuu sampai mual dan muntah kosong.

malam itu adalah malam terseram yang pernah aku lalui sepanjang hidupku, pikiranku cuma aku mau tobat pokoknya aku tobat setelah ini ya Allah beri hamba-Mu ini waktu, aku mau menebus dosa-dosaku, aku minta ampun beribu-ribu ampun kepada Allah. rasanya benar-benar kayak di ujung. sampai-sampai aku mikir ya udah kalo aku meninggal setidaknya meninggalnya hari Jumat, terus mikir lagi tapi aku kan pengen banget menikah dan jadi isteri. pikiran-pikiran konyol itu yang ngerepotin. ini aja masih berasa takut dan seramnya.

malam yang terasa panjang, aku baru bisa benar-benar ketiduran jam 4 subuh, dzikir dan istighfar gak berhenti, putar surah-surah, alhamdulillah pernapasan aku mulai membaik walaupun masih pendek. intinya aku panik waktu itu, harusnya aku tetap tenang. aku kasihan sama abah sama mama yang aku tau mereka itu panik tapi tetap berusaha tenang (karena mereka kenal betul aku orangnya suka cemas berlebihan), mereka yang menenangkan aku, kasih oksigen, olesin minyak kayu putih ke badan, nyuapin makan, bahkan kami sampai doa bersama malam itu buat kesembuhanku.

dulu pas awal-awal kemunculan covid aku sempat dibawa ke UGD, dikira covid ternyata gerd karena aku sesak napas, jadi abah beli banyaaak banget Oxycan. setelah dikasih resep di UGD sesak napasnya alhamdulillah gak pernah muncul lagi, jadi sisa Oxycan-nya masih banyak dan ditaroh di atas lemari aku. alhamdulillah banget pas kejadian itu langsung bisa diatasi karena terbantu sama Oxycan. kalo sekarang nyarinya di apotek udah susah dan cuma boleh beli satu botol.

kita sudahi cerita Kamis malam - malam Jumat itu. intinya aku mau tobat aku mau memperbaiki diri aku mau memperbaiki iman dan menambah taqwa aku kepada Allah SWT. bismillah.

sebelum kejadian Kamis malam itu sebenarnya aku udah ngerasa napasku pendek cuma gak begitu sesak dan masih bisa ditoleransi. jadi, cara aku ngelatih pernapasan itu dengan tetap tadarus setiap setelah sholat. baru kali ini ngaji yang engap-engapan kayak orang habis jogging, tapi setelahnya lega banget, asli.

tiap pagi aku terapi uap. pengen berjemur tapi mataharinya minim banget. kondisinya selama aku isoman itu kayak lagi musim hujan jadi jarang banget nemu sinar matahari yang terik gitu. tapi aku tetap standby di loteng, sambil main sama kucing juga. aku berterima kasih kepada Allah SWT selain karena masih memberi aku umur, juga karena sudah menciptakan makluk berjenis kucing di alam semesta ini. sayang banget sama kocheng walaupun dia kadang congkak.

di hari-hari selanjutnya alhamdulillah aku mulai pulih, walaupun masih sesak-sesak tipis sama batuk. aku harus lebih pandai megontrol stressku biar asam lambung gak naik (kayaknya sih selain stress, faktor obat juga), dan kunci utamanya adalah makan! berkali-kali aku mau muntah liat nasi, liat doang padahal. udah aku kunyah-kunyah tapi susah banget nelennya. durasi aku makan itu bisa satu jam baru selesai, yang penting satu piring itu habis.

jadi waktu yang paling sulit untuk aku lalui selama isoman ketika gejalanya masih parah, adalah malam menjelang tidur. aku mematok pokoknya maksimal jam 11 aku udah harus tidur, kalo gak bisa tidur yang penting merem. dzikir andalanku adalah doa nabi Yunus ketika terjebak di dalam perut ikan, benar-benar pengantar tidur. nah, posisi tidur aku selama dalam kondisi napas pendek, yaitu dengan bantal yang tinggi bertumpuk-tumpuk, kedua tangan ke atas, kaki kanan dilipat, persis kayak gaya yoga namaste-namaste gitu tapi rebahan hahahaha. posisi ini membantu mengurangi rasa sesak di dada. walaupun ini ngasal, tapi aku seneng banget nemu posisi tidur yang bisa melegakan pernapasanku.

masih ada yang bisa kita syukuri karena pandemi ini hadir pas teknologi udah canggih. sambil makan aku kalo gak nonton Netflix aku nge-Youtube. di Youtube biasanya aku nonton-nontonin Tonight Show, sama channel-nya Vindest, atau nontonin live show-nya Twice sama Red Velvet cuma buat mantengin kulit terutama ketek mereka yang mulusnya gak masuk akal.

di Netflix pas banget kemaren episode terakhirnya Nevertheless. aku agak bosan dan bete juga sih karena mereka terlalu murung dan jarang banget ada percakapan. sebagai penonton rasanya capek nunggu "ini kapan beres dah? kalo pergi ya pergi aja." gitu, eh ujung-ujungnya si Na-Bi malah mau aja pacaran sama Jae-On. maksud aku kalo ujung-ujungnya Na-Bi menerima ke-fakboy-an Jae-On kenapa gak dari kemaren-kemaren aja, Bambang, biar sisa episodenya bisa diisi dengan ke-uwu-an. yah, itu lah tadi sedikit komentar dari aku walaupun gak begitu berpengaruh. aku mau nerusin dramanya cuma karena kebantu sama visual para cast-nya terutama Songkang, ih! asli ganteng banget banget banget pas episode terakhir karena posisinya dia udah tobat dari per-fakboy-an duniawi. kalo episode sebelumnya sih jelek pokoknya jelek karena dia manipulatif.

setelah Nevertheless udah abis, aku bingung tuh mau nonton apa. karena di FYP tiktok aku sering muncul wajah Kim Seonho (tiktok kayak tau banget apa yang aku suka), aku memutuskan untuk rewatch Waikiki 2, karena kalo rewatch Start Up yang ada bakal emosi. dan di sini aku baru ngeh, Seonho tuh sweet bangetttt melebihi waktu dia di Start Up, ketulusan dan pengorbanan dia buat bantu si mbak Ga-Young itu lho, manis banget!! aku senyam-senyum tak terkendali kalo lagi scene mereka berdua, jadi gak berasa tuh si sesak napas.

jadi selama isoman itu badan aku lemes, cuma mampu rebahan dan mainin hape. tapi gak main Instagram sama Twitter karena hanya akan memperburuk isi kepala dengan berita-berita. pernah sesekali coba buka IG eh liat berita Deddy Corbuzier, langsung close tuh aplikasi padahal cuma baca judulnya.

sebwnarnya waktu hari pertama aku tau aku positif, aku udah ngerancang tuh mau ngapain aja. mau belajar finger style gitar lewat Youtube, mau coba-coba melukis pakai cat air punya adik yang nganggur di kamarnya, mau sketching lagi karena udah lamaaa banget gak gambar, mau nulis-nulis blog juga. tapi kenyataannya jari aku keringatan dan lemes, lemes yang gak bisa menggenggam gitu dan suka tremor juga jarinya. badan aku juga berat banget pas bangun mau ke toilet buang air, ntahlah, mungkin juga karena terlalu lama rebahan. gak terjadi tuh semua yang aku rancang, akhirnya cuma nonton Netflix, Tiktok, Youtube, memelihara games Township kesayangan aku, sama main Homescapes.

memasuki hari ke delapan, aku memberanikan diri buka IG (dan masih parno banget gak sanggup liat berita duka), aku kepikiran mau posting foto buah kiriman kantor cuma buat menghilangkan kebosanan. aku bingung banget tuh, go public apa ga usah ya soal kekopitanku ini, karena selama ini aku diem-diem bae yang tau cuma orang kantor. lapor ke puskesmas pun aku gak sempat karena gak kepikiran, yang aku tau cuma setelah hasil aku positif aku cukup isoman dan minum obat yang abah beli di Kimia Farma berdasarkan resep. awalnya aku males ngasih tau orang itu karena males dibawelin (hari ke delapan itu badan aku udah mendingan sih walaupun masih napas pendek dan batuk). akhirnya aku posting lah di close friend IG, ternyata banyak banget yang reply (btw close friend-ku itu isinya orang-orang yang aku senangi karena udah bersedia berteman sama aku di Instagram hahahaha dan tentunya juga para close friend irl).

setelah banyak yang reply IG story aku, yang awalnya aku males "cerita" karena males dibawelin, aku merubah pandanganku. ternyata aku banyak dapat informasi (selain doa cepat sembuh) dari beberapa yang reply sebagai penyintas covid. aku jadi bisa tanya-tanya gejala mereka kemaren apa aja dan gimana penanganannya, karena kenyataannya gejala ke tiap orang itu beda-beda. memang ini penyakit aneh banget.

alhamdulillah setelah lewat hari ke delapan kondisi badanku semakin membaik. kenyataannya aku tetap bermalas-malasan, rencana aku untuk kembali mengasah hobi-hobi masa remaja aku gak terealisasi. tetap yaa setelah posting IG story kemaren aku masih takut buka IG.

indera penciuman aku yang sudah hilang selama delapan hari akhirnya mulai menunjukkan tanda-tanda pulih, udah mulai bisa menghirup aroma khas badan sendiri. setelah aku mikir ini penciuman aku udah balik, ternyata ada beberapa aroma yang berubah dan masih belum bisa aku rasakan aromanya. bau minyak kayu putih berubah jadi bau logam masih sama kayak waktu aku positif (karena tiap hari aku mengguyurkan minyak kayu putih ke badan dalam keadaan bau logam), bau odol juga berubah bau logam, belum balik sampai sekarang. dan aku masih belum bisa cium bau asap, ntah itu asap rokok atau asap panggangan, masih balum ada baunyaaa. bau kentut sama bau t*i aku juga masih belum bisa aku hirup dengan sempurna padahal mereka itu sangat membantu dalam self healing-ku hahahaha. jadi cukup orang rumah yang protes kalo aku buang angin, akunya malah gak bisa merasakan bau apa-apa, so sad. intinya indera penciuman aku masih belum bisa merasakan bau-bau yang tidak sedap. kalau bau makanan, bau parfum, bau aroma terapi, alhamdulillah banget sangat bisa aku nikmati. seperti kehidupan ya, kalo harum terus tanpa bau tidak sedap ternyata rasanya kayak ada yang kurang.

pas udah hari ke sepuluh aku ditelpon sama managerku, katanya aku salah isi absen, aku isinya isoman, harusnya WFH. posisinya kantor waktu itu belum ada lapor ke kantor pusat kalo aku positif karena tesnya cuma sampai di swab antigen gak pake PCR. akhirnya tepat di hari ke sepuluh isoman aku disuruh tes PCR yang awalnya niatnya cuma buat melampirkan ke kantor pusat kalo aku positif. akibat telatnya diminta untuk tes ehhh keburu aku negatif hahahaha, di sini aku ketawa banget karena saking bersyukurnya hasil tes aku negatif.

ternyata gini ya rasanya dinyatakan sembuh dari covid yang selama ini protokolnya aku taati banget. aku rajin cuci tangan (terutama sebelum makan dan sebelum wudhu), selalu pakai masker, kalo pulang ke rumah selalu semprot semuanya dan udah berjalan sejak dari awal pandemi ini. semenjak ada info varian baru covid yang lebih ganas ini masuk ke Indonesia aku udah jarang banget nongkrong sama temen-temenku kecuali kita ada acara penting. selama ini aku cuma rumah - kantor - rumah - kantor.

rasanya tuh kayak super duper lega. ya Allah, semoga ini tidak akan pernah lagi menimpa hamba dan para penyintas covid juga orang-orang yang gak pernah terpapar. terima kasih sudah memberi sakit ini ya Allah, semoga bisa menjadi penghapus dosa.

setelah ini aku akan terus berusaha jadi orang yang lebih baik lagi, rasanya kayak kena adzab. gak lagi-lagi deh. ngelawan stressnya itu lho, luar biasa.

hari ini udah satu minggu aku dinyatakan sembuh covid, alhamdulillah sesak aku udah gak ada, lendir di tenggorokan juga udah luruh, batuknya udah sembuh. kata orang kantor kayaknya aku positifnya udah dari hari jumat itu hahahaha. FYI temen-temen di gedung kantor aku 85% udah pada jadi alumni covid. kata mereka aku yang baru kena giliran ini udah cukup kuat bertahan melawan selama hampir dua tahun pandemi. jadi kemaren itu giliran aku yang istirahat. lega banget tapi tetap jangan lengah dan jangan teledor lagi.

padahal waktu aku isoman kemaren itu jadwal vaksin kedua, jadi katanya aku harus nunggu tiga bulan kemudian baru bisa vaksin lagi.

tempat ternyaman, ketika udah sehat dan mau masuk kerja rasanya berat banget ninggalin.

dua makhluk lucu yang menemani aku berjemur di loteng, sebenarnya ada satu lagi tapi gak kefoto.

seneng banget pas lagi isoman tiba-tiba Mocca kesayangan aku live perform di tiktok. terim kasih, Mocca, mood aku jadi bagus banget walaupun hape aku demam 39 derajat plus plus.

terima kasih sebesar-besarnya teman-temanku sayang yang mendoakan, dan kiriman-kiriman ini sangat berarti buat aku, semoga kalian senantiasa diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan-Nya, semakin dilancarkan rezekinya, aamiin ya rabbal 'aalamiin.

terima kasih juga buat mas Waluyo yang biasanya dalam berkomunikasi kami adalah pasangan yang jarang kabar-kabaran, tapi kali ini setiap saat nanyain kabar, karena sepertinya sudah saatnya kita rubah gaya komunikasi yang terlalu cuek ini.

alhamdulillah.

terima kasih, ya Allah, atas nikmat sehat dari-Mu yang luar biasa nikmat.

Comments

Popular Posts